Home > Travelling > Jawa > Rekomendasi Tempat Wisata Lamongan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata Lamongan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Lamongan, mendengar namanya mungkin kamu akan teringat kuliner khasnya ya, soto lamongan. Selain soto lamongan, kota di Jawa Timur ini ternyata menyimpan banyak tempat potensi wisata yang menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Berbagai tempat wisata lamongan dapat kamu kunjungi, dari mulai wisata alam sampai wisata kuliner. Berikut ini kami akan memberikan berbagai tempat yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke kota ini.

Beragam Tempat Wisata Lamongan yang Bisa Kamu Kunjungi

Makam Sunan Drajat

Lamongan memiliki tempat wisata religinya sendiri, yaitu di makam sunan drajat. Sunan Drajat merupakan salah satu sunan yang menyebarkan agama islam di pulau jawa. Lokasi ini mudah diakses, hanya menempuh waktu 30 menit dari pusat kota.

Monument Van Der Wijk

Monument ini dibangun untuk pengingat tragedi tenggelamnya kapal van der wijk pada tahun 1936 di pesisir utara Jawa. Kisah tenggelamnya kapal van der wijk semakin terkenal setelah Buya Hamka mengangkatnya dalam sebuah cerita dalam novelnya yang berjudul sama. Saat tenggelamnya kapal ini, banyak nelayan Lamongan yang membantu menyelamatkan para awak kapal. Monument ini sebaiknya masuk ke dalam daftar wajib tempat wisata lamongan yang bisa kamu kunjungi.

Pantai Brondong

Pantai yang satu ini terletak di pelabuhan Paciran, Lamongan. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama pada saat matahari terbenam. Jika kamu ingin mencari ikan segar, tidak perlu khawatir. Karena disini juga menyediakan tempat pelelangan ikan yang menyediakan ikan segar yang baru ditangkap.

Alun-alun Kota Lamongan

Alun-alun kota lamongan ini bisa menjadi tempat wisata yang nyaman. Tempatnya memang sengaja direnovasi sebagai tempat warga menghabiskan akhir pekan. Tidak hanya sekedar duduk atau mengobrol, tetapi di alun-alun ini kamu juga bisa melakukan wisata kuliner, karena banyak penjual makanan terutama makanan khas kota lamongan yang ada disini.

Pemandian Air Panas Brumbun

Wisata lamongan selanjutnya berada di daerah Paciran yaitu sebuah pemandian air panas. Kamu bisa berendam dan merilekskan tubuh serta pikiran di tempat ini, karena lokasinya juga cukup jauh dari keramaian kota. Pemandian ini dipercaya sebagai tempat bertapa Sunan Drajat.

Makam Sunan Sendang Duwur

Selain sunan drajat, kamu juga bisa ziarah ke makam sunan sendang duwur. Sunan sendang duwur adalah seorang tokoh penyebar agama islam di Lamongan. Nama aslinya Raden Noer Rahmad, lahir pada 1320 dan meninggal 1585. Sunan sendang duwur dikenal mampu memindahkan masjid dalam waktu semalam, dari Mantingan ke bukit amitunon (dan masjid ini akhirnya dikenal dengan nama masjid sendang duwur). Makam ini unik karena perpaduan antara asrsitektur kebudayaan Islam dan Hindu.

Waduk Gondang

Waduk ini memang sudah menjadi andalan wisata lamongan. Banyak warga yang memilih untuk menghabiskan waktu berekreasi ke waduk ini. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya berjarak 19 km dari pusat kota.

Makam Dewi Sekardadu

Di sekitar waduk gondang ini ada sebuah makam tokoh sejarah kota Lamongan, yaitu makam dewi sekardadu. Untuk kamu yang suka dengan wisata sejarah, makam ini wajib untuk anda kunjungi. Selain itu, kamu juga bisa merasakan udara yang sejuk karena makam ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau sehingga sangat asri.

Nah, itulah wisata lamongan yang kami rekomendasikan untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *