Home > Kuliner > Rekomendasi Makanan Enak Jogja Yang Wajib Dicoba

Rekomendasi Makanan Enak Jogja Yang Wajib Dicoba

Kota Jogja adalah salah satu daerah yang memiliki kekayaan yang beragam, dari mulai alamnya yang eksotis, budayanya, tempat bersejarahnya, dan yang tidak boleh kita lewatkan adalah makanan khasnya yang terkenal enak dan lezat. Makanan enak Jogja ini terdiri dari makanan berat sampai cemilan manis. Para wisatawan domestik maupun mancanegara banyak yang menyukai makanan enak khas Jogja ini. Bagi kamu yang berencana berlibur ke daerah Jogja, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas daerah ini.

Tidak hanya untuk berwisata kuliner, namun makanan khas daerah Jogja ini juga bisa menjadi oleh-oleh. Karena selain terkenal dengan berbagai macam kerajinan khasnya, Jogja juga menawarkan berbagai macam kudapan manis yang bisa menjadi oleh-oleh untuk orang tersayang.

Beberapa Makanan Enak Jogja yang menjadi Favorit

Berikut ini rekomendasi makanan enak Jogja yang bisa banget kamu coba dan pastinya rasanya juga dijamin enak:

Gudeg  

Makanan khas ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di kota Jogja. karena gudeg memang sudah menjadi makanan favorit dan banyak warung makan yang menyediakan makanan ini. Gudeg sendiri merupakan makanan khas yang terbuat dari nangka muda dan santan. Tersedia tiga macam gudeg, yaitu gudeg basah, gudeg manggar dan gudeg kering.

Oseng-oseng mercon

Jika kamu menyukai makanan yang pedas, oseng-oseng mercon bisa menjadi pilihan kamu. Karena makanan ini merupakan makanan enak Jogja yang rasanya pedas. Makanan ini terbuat dari daging dan lemak yang diolah dengan berbagai rempah-rempah dan menghasilkan cita rasa yang pedas.

Soto sulung

Ingin makan makanan yang berkuah? Soto sulung bisa menjadi pilihan kamu. Soto khas Jogja ini terbuat dari daging sapi, jeroan sapi, potongan telur rebus dan dilengkapi dengan perasan jeruk nipis.

Bakmi Jawa

Bakmi khas Jogja ini juga menjadi salah satu favorit kuliner Jogja. Terbuat dari campuran kol, daging ayam serta telur, bakmi ini diracik menggunakan beberapa rempah-rempah sehingga membuat rasanya menjadi gurih dan lezat.

Brongkos

Mungkin nama makanan ini masih terdengar asing. Namun brongkos ini merupakan salah satu favorit kuliner dari Jogja, bahkan di alun-alun kota Jogja, kita dengan mudah menemukan penjual makanan ini. Brongkos terbuat dari tempe, kacang tolo, tahu yang disiram menggunakan kuah kaldu yang terbuat dari daging. Dengan perpaduan bahan dan kuahnya, menjadikan makanan memiliki cita rasa yang beragam, manis, pedas dan gurih.

Bakpia

Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Jogja membeli bakpia sebagai oleh-oleh. Pada mulanya, makanan yang terbuat dari tepung terigu ini hanya berisi kacang hijau, namun sekarang sudah banyak variasi rasa bakpia. Yaitu rasa coklat, keju, durian, dan lainnya.

Tiwul

Merupakan makanan khas Jogja yang tepatnya berasal dari Gunung Kidul. Terbuat dari bahan utama singkong dan taburan kelapa parut serta gula diatasnya, menjadikan makanan ini memiliki rasa yang sangat manis. Awalnya, tiwul ini dijadikan makanan pengganti nasi, namun sekarang tiwul menjadi camilan manis yang digemari masyarakat Jogja.

Cenil

Jajanan pasar khas Jogja ini terbuat dari tepung sagu yang diberi pewarna alami dan dihidangkan dengan taburan gula dan kelapa. Makanan ini bisa kamu temui di berbagai pasar tradisional di kota Jogja.

Jadi, tidak perlu bingung untuk mencari makanan enak Jogja. Karena di Jogja juga banyak banget makanan khas yang wajib dicoba dan pastinya rasanya juga dijamin enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *