Rasakan Ganasnya Ombak Di Pantai Plengkung

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, tentunya Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Tidak hanya Bali yang terkenal dengan pantai Kuta-nya, tetapi ada puluhan pantai lainnya yang terkenal hingga mancanegara. Salah satunya adalah Pantai Plengkung. Pantai yang terletak di Banyuwangi ini bahkan mendapatkan penghargaan sebagai salah satu spot selancar terbaik di dunia.

Pantai Plengkung yang dijuluki dengan G-Land ini memiliki ombak yang cukup besar. Ombaknya juga memiliki bentuk yang memanjang, tinggi dan memiliki kecepatan yang tinggi. selain itu, ombaknya juga menggulung sempurna menyerupai tabung. Sangat pantas jika pantai ini memang menjadi salah satu spot selancar dan menjadi tempat favorit bagi para peselancar.

Pantai yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia dan berlokasi di timur Teluk Grajagan ini sangat diminati oleh para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Mayoritas wisatawan biasanya berasal dari Amerika atau Australia. Mereka sangat menyukai gulungan ombak dari pantai ini, bahkan mereka lebih mengenal nama G-Land dibandingkan dengan nama Pantai Plengkung.

Beberapa keunikan dari Pantai Plengkung

Berikut ini merupakan beberapa keunikan dari Pantai Plengkung, yaitu sebagai berikut:

  1. Huruf G pada G-Land ternyata memiliki beberapa versi. Versi pertama menyebutkan G berasal dari kata Grajagan yang merupakan nama teluk, yaitu teluk Grajagan. Versi kedua berasal dari kata green karena letak pantai ini di tepi hutan tropis yang hijau. Versi ketiga diambil dari kata Great karena ombaknya yang besar. Dan versi terakhir karena pantai ini bentuknya melengkung mirip huruf G.
  2. Pantai ini merupakan salah satu spot terbaik selancar di Indonesia. Banyak peselancar kelas dunia datang ke pantai ini. Perlu anda ketahui, bahwa angin lepas pantai yang berhembus di kawasan ini terjadi pada April dan September. Jadi inilah waktu terbaik berselancar, karena ombaknya yang tinggi datang secara bertahap dan cenderung lebih besar. Waktu terbaik juga adalah saat seminggu setelah bulan purnama, karena saat ini ombak sedang tinggi.
  3. Kawasan pantai ini merupakan kawasan yang masih alami. Jadi background pantai ini merupakan hutan lebat. Ditambah lagi, pantai ini masih berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Jadi untuk mencapai pantai Plengkung ini, anda tidak akan menemukan jalanan beraspal. Tetapi masih alami, bebas polusi dan tidak banyak orang. Pemandangan ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.
  4. Pantai Plengkung ini memiliki tiga kombinasi warna yang berbeda. Yaitu biru, putih dan hijau. Pemandangan yang sangat eksotis.
  5. Rute menuju pantai yang sangat menantang. Untuk mencapai pantai terpencil ini, anda harus melakukan perjalanan dengan rute yang cukup menantang. Anda harus menghabiskan waktu 1,5 jam dengan melewati jalanan beraspal yang berjarak 2 km. Sedangkan 8 km berikutnya, anda harus melewati lebatnya hutan Taman Nasional Alas Purwo. Anda juga bisa menemukan beragam satwa liar, seperti monyet liar, banteng, burung merak, dan binatang liar lainnya.
  6. Mata air awet muda. Jika anda mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo, anda akan menemukan beberapa goa. Salah satunya adalah goa Istana yang memiliki sumber mata air Sendang Srengenge. Masyarakat setempat mempercayai bahwa air ini memiliki khasiat dapat membuat awet muda.

Pantai Plengkung ini juga berhasil membuat harum nama Banyuwangi karena meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016 yang diselenggarakan oleh salah satu situs traveling di Indonesia. Metode pemilihannya dengan menggunakan voting dari para netizen. Jadi, selain menjadi favorit turis mancanegara, Pantai Plengkung ini juga terbukti dicintai oleh masyarakat Indonesia

Leave a Reply