Home > Travelling > Jawa > Pusat Kerajinan Jogja Yang Terkenal

Pusat Kerajinan Jogja Yang Terkenal

Daerah Istimewa Yogyakarata merupakan salah satu provinsi di Negara Indonesia yang dikenal sebagai daerah dengan daya kreatifitas tinggi. Berbekal kreatifitas yang tinggi ini, maka Yogyakarta banyak menghasilkan berbagai macam karya tangan yang bernilai jual tinggi. Hal ini ditambah lagi dengan Kota Jogjakarta yang terkenal dengan berbagai tempat wisatanya, sehingga menyebabkan banyak wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri berkunjung ke kota pelajar ini. Banyaknya wisatawan yang berkunjung membuat warga jogja berfikir kreatif menciptakan kerajinan tangan sebagai cindera mata khas kota gudeg ini. Oleh karena hal tersebut, maka saat ini banyak terdapat pusat kerajinan jogja yang lahir.

Pusat kerajinan Kreatif di Jogjakarta

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta, menjadikan semakin banyak bermunculan pusat kerajinan tangan di Jogjakarta yang menjual berbagai macam hasil karya tangan warga kota budaya ini. Dengan berbagai macam hasil kerajinan tangan yang menarik ini, menjadikan jogja semakin terkenal. Berikut ini beberapa tempat Di daerah istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan kerajinan tangannya.

Kasongan

Pusat kerajinan tangan yang pertama adalah kasongan yang terletak di kabupaten Bantul. Di tempat ini merupakan sentra kerajinan gerabah yang sangat terkenal di Jogjakarta. Selain gerabah masih ada lagi hasil karya tangan yang dihasilkan oleh penduduk setempat, seperti kerajinan akar, kerajinan marmer, kerajinan batu dan lain sebagainya. Di tempat ini, para wisatawan dapat menyaksikan secara langsung pembuatan gerabah dan berbagi kerajinan yang lainnya. Bahkan wisatawan pun mencoba sendiri untuk membuat gerabah. Hal ini menjadikan kasongan menjadi pusat kerajinan di jogja yang terkenal.

Pasar Seni Gabusan

Pasar seni gabusan berlokasi di Jalan Parangtritis KM 9,5 Yogyakarta merupakan salah satu pusat kerajinan jogja. Sesuai dengan namanya, pasar seni gabusan ini menjual berbagi macam hasil karya seni pengrajin di bantul yang berkualitas bagus. Nama pasar seni gabusan sudah sangat terkenal bagi wisatawan dalam dan luar negeri sebagai salah satu tempat untuk membeli berbagai souvenir dan kerajinan tangan khas jogjakarta. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pasar seni gabusan lewat kota Jogja, dapat melalui jalur menuju arah Pantai Parangtitis

Kota Gede

Kota Gede merupakan salah satu tempat penjual kerajinan di jogja yang sangat terkenal. Lokasi salah satu pusat penjualan kerajinan khas jogja ini berada di Kecamatan Kotagede, Bantul, Yogyakarta. Di kotagede ini adalah tempat penjualan berbagai macam kerajinan dari bahan perak dan tembaga. Kerajinan perak dan tembaga tersebut memiliki berbagai macam ukuran dari yang besar sampai dengan ukuran kecil.

Pasar Beringharjo

Pasar beringharjo merupakan pasar yang telah berdiri mulai tahun 1758. Tempat ini merupakan salah satu pusat penjualan kerajinan di Yogyakarta. Para wisatawan biasanya berkunjung ke pasar ini untuk membeli kain batik asli Jogjakarta. Selain sebagai pusat kain batik, pasar beringharjo juga menjual berbagai macam barang antik. Di tambah lagi pasar di jogja ini juga menjual berbagai makanan yang rasanya enak. Pasar beringharjo berlokasi di Jalan Pabringan 1, Yogyakarta.

Pasar Malioboro

Pusat kerajinan jogja selanjutnya yaitu Malioboro. Kata malioboro merupakan sebuah bahasa sansekerta dengan arti karangan bunga. Pasar malioboro memang sangat terkenal dan pesonanya membuat wisatawan selalu meluangkan waktu untuk mengunjunginya. Di pasar yang menjadi pesona jogja ini menjual berbagai macam barang kerajinan berupa souvenir-souvenir, batik, tas, blangkon dan lain sebagainya. Letak pasar malioboro berada di pusat Jogjakarta atau lebih tepatnya di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

One thought on “Pusat Kerajinan Jogja Yang Terkenal

  1. Selalu ada yang unikdari sebuah kerajinan tangan, khususnya dijogja , akan selallu ada kreasi dan model baru jogjakarta handmade product.
    Terimakasih memberikan wawasan tentang banyak tempat dijogja dengann kerajinananya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *