Pesugihan Dan Penampakan Buto Ijo Yang Begitu Melegenda

Kecanggihan teknologi dan kemajuan zaman nampaknya tidak begitu mempengaruhi kepercayaan masyarakat akan keberadaan sosok astral di dalam kehidupan. Hal ini terbukti dari banyaknya mitos serta kepercayaan-kepercayaan yang bahkan sampai detik ini masih tersebar luas di kalangan masyarakat. Walau memang keberadaan makhluk ghaib tidak bisa dicerna akal sehat manusia akan tetapi keberadaan makhluk ghaib memang benar adanya. Sebab banyak sekali bukti-bukti yang menguatkan hal tersebut, baik dari penampakan gambar, suara, hingga gangguan tak kasat mata lainnya. Wujud dari makhluk ghaib itu pun bermacam-macam dari yang seperti manusia hingga sosok menyeramkan yang penampakannya kerap membuat manusia takut bukan kepalang. Tak terkecuali adalah penampakan buto ijo yang selama ini banyak menghebohkan masyarakat Indonesia.

Bagi warga Indonesia pada umumnya pasti tidak asing lagi terhadap istilah buto ijo, hal tersebut tidak mengherankan sebab dari kecil pun sudah diperkenalkan dengan keberadaan sosok buto ijo. Hal itu ditunjukkan dari cerita legenda atau cerita rakyat Timun Mas yang didalamnya ada tokoh antagonis yang mana adalah seorang buto ijo. Nah terbukti bukan, bila memang tokoh buto ijo begitu melegenda? Lalu diceritakan dalam cerita tersebut bila tokoh buto ijo digambarkan memiliki perawakan yang tinggi, gagah, besar, badan berwarna hijau, berwajah menyeramkan, galak, jahat dan suka memakan anak kecil. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, sebab pada kenyataannya yang didasarkan dari berbagai sumber menyatakan bila wujud buto ijo memang kurang lebih seperti itu.

Penampakan Buto Ijo dari Keterangan Narasumber

Dari beberapa cerita yang telah berhasil dihimpun, penampakan buto ijo memang tak jauh berbeda dari keterangan yang telah dikemukakan sebelumnya. Sebab salah seorang sumber menyatakan, ia pernah melihat secara langsung bentuk dari buto ijo. Saat itu ia sedang pulang dari kegiatan rutinnya mencari bekicot atau siput, lalu terdengar sayup-sayup suara seperti orang sedang makan dengan begitu lahapnya. Karena penasaran ia mencoba mencari tahu sumber suara tersebut dan betapa kagetnya ia malah melihat sesosok makhluk tinggi besar berwarna hijau dengan muka menyeramkan sedang memakan bekicot dengan lahapnya. Taring-taringnya terlihat begitu tajam pun dengan matanya yang besar dan seperti akan mencuat keluar. Saat itu juga ia langsung lari terbirit-birit karena takut dan syok.

Kemudian adalagi cerita dari salah seorang narasumber yang mana pengalaman tersebut dialami oleh beberapa anggota keluarganya. Ketika malam menjelang, anggota keluarga dari narasumber tersebut menuju ke sawah untuk melihat irigasi air. Mereka heran sebab irigasi itu nampak kering dan air yang mengalir begitu sedikit seperti ada orang yang sengaja membelokkan arusnya. Singkat cerita setelah diselidiki air tersebut bermuara di sebuah batu besar. Ketika dilihat dengan seksama ternyata dibalik batu besar yang memang terkenal akan keangkerannya tersebut ada sepasang buto ijo. Cerita tersebut juga tak jauh berbeda dialami oleh sanak keluarga lain, dia melihat pula dua sosok buto ijo bertubuh besar dengan muka menyeramkan dilengkapi taring tajam itu. Beberapa waktu yang lalu pun ada pula penampakan buto ijo di daerah Cianjur dan Cimahi yang tak sengaja terambil gambarnya sehingga membuat warga gempar. Pada kedua kejadian penampakan tersebut terlihat bila sosok buto ijo memiliki perawakan yang kurang lebih sama yaitu bertubuh kekar dan besar, tinggi badannya pun bisa melebihi 2 meter.

Tak berhenti sampai disitu, ternyata buto ijo pun begitu terkenal karena banyak yang memanfaatkannya sebagai sekutu untuk melakukan pesugihan. Pesugihan tersebut dilakukan dengan membaca mantra-mantra tertentu sehingga dapat mengundang buto ijo keluar dan mengajaknya bersekutu untuk pesugihan. Sebagai imbalan, mereka mengajukan syarat dan syarat yang diajukan buto ijo pun beraneka ragam tetapi kebanyakan mereka akan meminta tumbal. Berdasarkan beberapa cerita penampakan buto ijo di atas maka dapat disimpulkan bila wujudnya memang berperawakan besar seperti raksasa, berwarna hijau, bermuka seram juga memiliki taring. Ya terlepas dari cerita itu semua alangkah baiknya bila kita selalu berdoa agar selalu dalam lindungan-Nya.

Leave a Reply