Sunday, October 24, 2021
Home > Travelling > Jawa > Pesona Keindahan Wisata Pantai Sundak Yogyakarta

Pesona Keindahan Wisata Pantai Sundak Yogyakarta

Pantai termasuk salah satu obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Obyek wisata bernuansa alam ini memang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga menyebabkan para wisatawan tertarik untuk datang. Pada tempat wisata pantai ini, para wisatawan dapat menikmati keindahan alam berupa hamparan pasir dan ombak yang bergulung-gulung. Salah satu obyek wisata bernuansa alam ini yang menarik untuk dikunjungi adalah wisata pantai sundak.

Keindahan Alam Pantai Sundak Menawan

Wisata bernuansa alam pantai sundak merupakan sebuah tempat yang nyaman untuk mengisi waktu liburan. Obyek wisata yang ini berada di wilayah Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya, lokasi pantai sundak ini berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Obyek wisata bernama pantai sundak ini memang memiliki daya tarik sendiri yang begitu kuat, sehingga membuat para pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri tertarik untuk mendatangi obyek wisata Gunung Kidul ini.

Penamaan pantai sundak ini ternyata ada sejarah tersendiri bagi warga sekitar. Menurut cerita yang beredar ditengah-tengah masyarakat, penaman sundak ini terjadi akibat perkelahian antara hewan anjing (dalam bahasa jawa asu) dan landak. Perkelahian tersebut terjadi pada gua yang terdapat disekitar pantai. Perkelahian antara anjing dan landing tersebut akhirnya sangat menarik. Sang anjing pun berhasil memakan tubuh sang landak. Semenjak kejadian tersebut, maka obyek wisata bernuansa alam yang berada di Desa Sidoharjo ini diberi nama wisata pantai sundak. Sundak sendiri merupakan singkatan dari asu dan landak.

Pantai sundak ini memang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat rekreasi ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Begitu menginjakkan kaki di wilayah pantai sundak ini, para wisatawan akan disuguhi dengan hamparan pasir yang sangat luas. Menariknya lagi, pasir dari pantai sundak ini berwarna, sehingga terlihat bagaikan hamparan permadani yang sangat indah.

Selain memiliki pasir yang berwarna putih, pantai yang berada di Desa Sidoharjo tersebut juga terkenal memiliki ombak yang cukup besar, para pengunjung dapat menyaksikan antraksi ombak yang datang bergulung-gulung kebibir pantai. Keindahan alam pantai sundak ini bertambah lagi dengan adanya batu karang yang indah. Pada batu karang tersebut terdapat gua-gua yang sangat indah.

Ketika memasuki gua dalam batu karang setinggi 12 meter yang terletak di bagian timur pantai sundak ini, para pengunjung akan mendapati sebuah sumber mata air alami yang digunakan oleh penduduk sekitar. Dari sumur yang berada di dalam gua pada batu karang inilah, penduduk sekitar obyek wisata pantai sundak memperoleh air tawar untuk digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sarana dan Prasarana Pantai Sundak

Sebagai salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Gunung Kidul, pantai sundak telah dilengkapi dengan berbagai macam sarana dan prasarana pendukung. Misalnya saja pada pantai sundak ini telah terdapat mushola, lahan parker, warung makan dan berbagai fasilitas lainnya. Dengan adanya berbagai macam fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata bernuansa alam ini, maka menjadikan para wisatawan betah berada di pantai sundak. Selain itu, adanya berbagai fasilitas tersebut membuat wisatawan tertarik lagi untuk mengunjungi obyek wisata unggulan Kabupaten Gunung Kidul ini.

Simak juga : Keistimewaan Pantai Parang Kusumo, Yogyakarta

Untuk biaya retribusi atau tiket masuk wisata pantai sundak pun tergolong murah. Anda hanya perlu membayar karcis masuk sebesar 10 ribu rupiah. Setelah membayar karcis masuk tersebut, maka wisatawan dapat menikmati keindahan pantai sundak yang mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *