Home > Travelling > Sulawesi > Nikmatnya Liburan Lengkap di Museum Negeri Sulawesi Utara

Nikmatnya Liburan Lengkap di Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang mempunyai keistimewaan dibandingkan destinasi wisata lainnya. Oleh oleh abadi berupa ilmu pengetahuan serta sejarah dari museum tidak akan terlupakan dalam benak pikiran. Bila anda tengah berkunjung ke Sulawesi Utara, jangan lupa sempatkan diri mengunjungi Museum Negeri Sulawesi Utara. Musem tersebut menyuguhkan beragam ilmu yang tidak akan terlupakan. Museum ini juga menjadi salah satu museum yang diprogramkan dalam revitalisasi museum tahun 2011 lalu. Seperti apa keistimewaan museum tersebut? Simak lebih lanjut berikut ini.

Koleksi Museum Negeri Sulawesi Utara

Destinasi wisata menarik di Sulawesi Utara ini berlokasi strategis, juga mempunyai sederet koleksi lengkap seperti ornamen sejarah yang erat kaitannya dengan manusia, alam serta kebudayaan asli daerah Sulawesi Utara. Memasuki kawasan museum, suguhan koleksi akan langsung menyambut anda. Museum yang diresmikan pada 9 Januari 1991 ini, telah mempunyai koleksi hingga 2.810 barang koleksi. Dimana koleksi tersebut dikategorikan menjadi 10 kategori, seperti geologi, biologi, historika, arkeologi, etnografika, filologika, teknologi serta seni rupa.

Dari banyaknya koleksi tersebut sekitar 500 barang dipamerkan dan menjadi koleksi umum. Ternyata semua benda benda sejarah yang ada tidak semuanya berasal dari Sulawesi Utara, adapula koleksi yang didatangkan dari penjuru kota namun masih dalam kawasan Sulawesi Utara seperti Manado, Minahasa, Sangihe, Talaud, Sitaro, Bolang Mongondow dan beberapa kawasan lainnya. Setiap barang koleksi yang dipajang dilengkapi keterangan dibawahnya guna memudahkan pengunjung mengetahui sejarah serta detail dari koleksi tersebut.

Bagi anda yang mempunyai anak dan masih pelajar sangat pas diajak berwisata sekaligus belajar akan berbagai hal melalui museum. Lengkapnya koleksi jelas memberikan kita pengetahuan akan sejarah dan beragam ilmu lainnya yang tidak akan terlupakan. Bukan sekedar koleksi lengkapnya saja, akan tetapi suasana museum yang bersih serta nyaman membuat pengunjung betah berlama-lama dilokasi musem. Selain melihat beragam koleksinya, apa saja yang dapat dilakukan para pengunjung?

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Ternyata selain melihat koleksi kita juga akan diperkenalkan budaya Sulawesi Utara. Berdesain nyaman, wisata museum Sulawesi Utara tersebut mempunyai 3 tingkat, dimana disetiap tingkat mempunyai beberapa ruang dengan koleksi yang berbeda. Unsur museum berpadu bersama budaya sangat kental terasa, hal ini dapat dilihat dari desain museum. Mengusung seni arsitektur rumah adat Minahasa, disempurnakan bersama ornamen Minahasa kuno yang dapat dijumpai dilokasi halaman depan museum seperti Waruga dan berbagai koleksi lainnya.

Lelah berkeliling musem membuat perut kita kosong bukan? Menyantap kuliner khas Sulawesi Utara adalah pilihan tepat! Telah tersedia kawasan makan disamping museum bermenu makanan khas Sulawesi yang sayang bila terlewatkan. Bersantap dengan view keindahan museum tentu membuat selera makan akan meningkat.

Lokasi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa lokasi museum sangat strategis. Museum negeri Sulawesi Utara berlokasi di jalan Wr Supratman No. U2, Manado, Sulawesi Utara. Yang buka setiap hari kecuali hari Minggu dan hari besar tutup, dan buka mulai 8.30 hingga 16.00 WITA. Akses menuju lokasi juga cukup mudah, sebab banyak dilalui kendaraan umum. Pertama ambil jalur menuju Teling, dan ambil arah menuju Masjid Raya Ahmad Yani. Dari sini sudah sangat mendekati lokasi, cukup berjalan sekitar 100 meter saja sudah mencapai lokasi.

Nah selesai sudah kupasan berwisata kita kali ini. Museum Negeri Sulawesi Utara selain menyajikan destinasi wisata menarik, juga memberikan oleh oleh abadi yaitu ilmu pengetahuan yang tidak akan hilang ditelan zaman. Tertarik mengunjungi destinasi wisata tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *