Mitos Mengenai Keberadaan Mahluk Gaib Bernama Nyi Roro Kidul

Apakah yang sobat semua bayangkan ketika ada orang yang menyebut kata makhluk gaib? Kumungkinan besar pikiran sobat semua akan mengarah pada sosok yang menyeramkan dari dunia lain. Pada dasarnya, makhluk gaib adalah sosok makhluk tidak kasat mata atau astral yang tinggal di dunia lain. Lokasi dari dunia lain tempat tinggal makhluk halus ini sebenarnya berdampingan dengan alam manusia. Akan tetapi umat manusia tidak data melihat. Karena keberadaan makhluk – makhluk astral inilah, maka seorang manusia sering melihat penampakan penghuni dunia lain. Adanya cerita tersebut menjadikan munculnya mitos mengenai makhluk gaib. Salah satu mitos makhluk astral tersebut adalah tentang Nyi Roro Kidul di Yogyakarta.

Mitos Asal – Usul Nyi Roro Kidul

Siapakah yang tidak mengenal Yogyakarta? Yogyakarta merupakan sebuah nama provinsi yang ada di Pulau Jawa. Daerah dari dari provinsi yang istimewa ini berada di tengah Pulau Jawa, tepatnya selatan Provinsi Jawa Tengah.

Selain mendapatkan julukan sebagai daerah istimewa, Yogyakarta juga memiliki daya tarik lainnya. Daya tarik dari provinsi ini terletak pada berbagai kisah mitos mengenai makhluk gaib. Salah satu cerita menyeramkan tersebut yaitu tentang keberadaan ratu pantai selatan atau dikenal dengan sebutan Nyi Roro Kidul.

Kisah mitos Nyi Roro Kidul sudah sangat terkenal di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Cerita mengenai penguasa dari pantai selatan memang menjadi sebuah mitos yang menarik. hal ni disebabkan oleh banyaknya penduduk Yogyakarta yang mempercayai akan kebenaran cerita misteri tersebut.

Bagi masyarakat Yogyakarta, ratu pantai selatan atau disebut dengan nama Nyi Roro Kidul merupakan sebuah kisah mitologi. Konon sang penguasa laut selatan Pulau Jawa ini dahulunya adalah manusia biasa. Dia adalah seorang puteri bernama Kadita dari Kerajaan Sunda Padjajaran. Dahulunya ia merupakan seorang putri yang sangat cantik. Akan tetapi kecantikannya tersebut tiba – tiba hilang. Hal ini dapat terjadi lantaran sang putri terkena guna – guna dari dukun yang jahat.

Akibat terkena guna – guna, maka wajah dan kulit tubuh sang putri terlihat menakutkan. Kulitnya yang dahalunya putih bersih menjadi menjijikkan. Karena keadaan inilah, maka sang puteri pergi dari istana. Akhirnya, ia pun pergi ke pantai selatan. Sesampainya di sana, sang putri melompat kelaut. Tiba – tiba terjadilah keajaiban. Kulit tubuhnya yang menjijikkan tiba – tiba sembuh. Akan tetapi ia tidak dapat kembali ke kerajaannya. Akhirnya jadilah putri Kadta sebagai Nyi Roro Kidul penguasa pantai selatan Pulau Jawa.

Kepercayaan penduduk Yogyakarta akan keberadaan cerita mitos makhluk gaib Ratu Kidul ini telah mendarah daging. Maksud atau makna dari kata mendarah daging disini adalah semua penduduk di kota gudeg ini mengetahui tentang adanya makhluk gaib tersebut. Bahkan terdapat masyarakat Yogyakarta yang sangat yakin bahwa di Pantai Selatan terdapat kerajaan dari Nyi Roro Kidul. Oleh karena hal inilah, maka di daerah Yogyakarta sering diadakan upacara sesaji untuk menghormati sang ratu. Upacara – upacara tersebut dilakukan guna menghormati sang penguasa pantai selatan.

Demikianlah kisah mitos mengenai makhluk gaib bernama Nyi Roro Kidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. mengenai kebenaran tentang cerita mitos tersebut sampai saat ini belum ada yang bisa membuktikannya secara ilmiah. Akan tetapi melalui penuturan para warga sekitar pantai selatan, sang ratu akan menampakkan wujudnya kepada orang – orang yang diinginkannya. Adanya kisah mengenai penunggu pantai selatan ini, maka menjadikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta semakin menarik para wisatawan.

Leave a Reply