Home > Mistis > Mitos – Keangkeran Pohon Gayam Sebagai Tempat Tinggal Genderuwo

Mitos – Keangkeran Pohon Gayam Sebagai Tempat Tinggal Genderuwo

Memang Indonesia bisa dikatakan sebagao gudangnya kisah-kisah misteri tersebut. Hal tersebut bisa anda lihat dari berbagai macam atau jenis kisah misteri yang bisa anda temukan di setiap sudut atau wilayah di Indonesia. Salah satu daerah yang juga banyak menyumbangkan kisah misteri ialah daerah Jawa Tengah khususnya daerah Klaten. Yuph, Kabupaten memang menjadi salah satu daerah yang banyak akan kisah misteri yang mana kisah tersebut juga belum terbukti apakah benar atau salah. Salah satu kisah misteri yang cukup masyur yang ada di Jawa Tengah khususnya di Klaten ini ialah Genderuwo yang menghuni pohon Gayam. Yuph, jika berbicara mengenai pohon gayam memang, tempat ini memang dikenal sebagai tempat yang banyak hantu meskipun hal tersebut juga belum bisa dibuktikan kebenarannya sampai sekarang ini. apa saja kisah misteri Pohon gayam? Simak kisahnya sebagai berikut.

Penghuni Pohon Gayam

Jika berbicara mengenai pohon gayam apa yang ada dalam pikiran anda? setiap orang mungkin akan mempunyai persepsi masing-masing dengan jenis pohon ini. namun demikian, ketika penulis masih kecil, saya sering dinasehati oleh para orang tua untuk tidak bermain-main disekitar pohon gayam. Pada saat itu memang banyak orang tua yang mengatakan bahwa pohon gayam ini memang tempat atau rumahnya Genderuwo. Yuph, Genderuwo, sosok mahluk gaib yang mempunyai badan yang besar yang banyak dipercayai oleh orang jawa. Mitos-mitos bahwa pohon gayam merupakan rumah genderuwo memang sudah banyak beredar hingga saat ini, hal tersebut tidak terlepas dari bentuk pohon gayam yang menjulang tinggi dan dirasa pas untuk rumah makhluk gaib tersebut.

Ketika penulis masih kecil dulu, banyak anak-anak kecil yang dilarang untuk bermain-main bahkan mendekati pohon tersebut. Hal tersebut dikarenakan orang tua pada takut nanti kalau terjadi hal-hal yang tidak diingingkan pada anak-anak tersebut. Tidak hanya anak-anak yang dilarang dan takut untuk mendekati pohon tersebut, bahkan orang dewasa pun banyak juga yang takut akan pohon tersebut. Bahkan hanya untuk sekedar mendekat saja mereka tidak berani. Apalagi kalau mereka diminta untuk menebang pohon tersebut.

Pohon-pohon ini memang masih banyak tumbuh dipedesaan dan biasanya pohon gayam ini tumbuh di pinggir sungai. Pohon ini akan tumbuh subur di pinggir sungai dan sering kali banyak buah gayam yang jatuh ke sungai tersebut. Bahkan ada beberapa orang yang tidak berani untuk mengambil dan kemudian memasak buah gayam tersebut. Hal tersebut lagi-lagi mitos bahwa pohon gayam tersebut merupakan tempat tinggal dari genderuwo.

Namun demikian, kisah mengenai keangkeran pohon gayam tersebut lambat laun mulai memudar dan bahkan sudah tidak terdengar lagi gaungnya. Hal tersebut memang dikarenakan masyarakat sudah jarang lagi melakukan aktivitas di sungai sehingga membuat mitos-mitos akan pohon tersebut juga semakin tergerus oleh zaman dan teknologi

Itulah kisah misteri Pohon gayam yang bisa anda ketahui. Jika berbicara mengenai kisah misteri, memang hal tersebut antara percaya atau tidak. Namun sebagai seorang Muslim, kita harus meyakini bahwa memang ada hal-hal ghaib atau makhluk ciptaan Allah yang juga hidup berdampingan dengan manusia. namun demikian, hal yang harus diperhatikan dan diutamakan ialah selalu memohon perlindungan kepada Allah mengingat bahwa Allah yang Maha Pencipta yang ada di seluruh semesta ini dan semua mahkluk ciptaannya tunduk akan Allah SWT. Wallahu a’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *