Home > Mistis > Misteri Hantu Di Pemalang Yang Pernah Populer

Misteri Hantu Di Pemalang Yang Pernah Populer

Pemalang merupakan salah satu kabupaten yang berada diantara kabupaten Tegal dan kabupaten Pekalongan provinsi Jawa Tengah. Daerah ini memang belum sepopuler Pekalongan ataupun Tegal namun, meskipun begitu di Pemalang ini terdapat beberapa kisah mistis yang bisa membuat anda merinding mendengarnya. Beberapa tahun yang lalu di Pemalang, masyarakat dihebohkan dengan adanya beberapa Hantu yang meneror masyarakat. Misteri Hantu di Pemalang ini cukup menggegerkan warga karena hantu tersebut tidak hanya menampakkan diri saja. Beberapa dari mereka juga bisa mengambil nyawa seseorang untuk dijadikan tumbal.

3 Hantu yang populer di Pemalang

Berikut ini ada beberapa jenis hantu yang pernah banyak dibicarakan oleh seseorang. Beberapa diantataranya pernah muncul dan membuat seseorang meninggal saat berada di Sungai. Jika anda penasaran, berikut ini adalah hantu-hantu yang cukup mengerikan di Pemalang dan pernah menjadi pembicaraan warga sekitar.

  1. Hantu Wiyonggo

Hantu pertama yang pernah menjadi pembicaraan di Pemalang adalah hantu Wiyonggo. Hantu ini bersemayam di sungai. Hantu ini juga biasanya disebut wiyengge atau Bancul. Jenis  hantu di Pemalang ini bisa diketahui dengan melihat ciri-cirinya yang khas yaitu rambut panjang terurai di air. Untuk penampakan biasanya sebelum menampakkan diri hantu ini akan memulainya dengan tangisan bayi. Berdasarkan mitos yang ada, Wiyonggo ini adalah karnivora dan makanan favoritnya adalah ubun-ubun dan janin. Pada tahun 2000-an, pernah terjadi korban akibat wiyonggo dimana seorang anak yang sedang buang air besar di kali Comal. Menurut warga, anak tersebut meninggal karena diterkam Hantu wiyonggo karena jasadnya memiliki beberapa tanda yang aneh.

  1. Hantu Banaspati

Sedangkan hantu kedua yang sering menjadi pembicaraan warga Pemalang adalah Hantu Banas Pati atau ganaspati/ panaspati. Pada dasarnya hantu ini tidak hanya dipemalang saja karena cerita hantu ini selalu ada disetiap pelosok desa di Jawa Tengah. Namun, di Pemalang pernah ramai dengan Hantu Ganas Pati ini. Dengan penampakan bola (kepala) yang terbakar dan terbang, penampakannya selalu menjadi sesuatu yang menghebohkan untuk warga. Berdasarkan Misteri Hantu di Pemalang, orang yang menjumpai hantu ini biasanya akan dikejar-kejar dan untuk menghindarinya adalah dengan menjeburkan dirinya ke sungai. Hantu ini sangat populer diawal tahun 2000-an yang membuat warga pada saat itu takut untuk keluar malam.

  1. Hantu ndhas Nggluntung

Sedangkan kisah misteri Hantu di Pemalang yang cukup menggegerkan warga adalah Hantu Ndhas nggluntung. Hantu ini bisa diketahui berdasarkan namanya “ndhas” yang dalam bahasa Indonesia adalah kepala. Maka penampakan dari hantu ini adalah sebuah kepala yang “nggluntung” (menggelinding) atau mungkin jika diterjemahkan ke bahasa Inggris adalah rolling head ghost.  Konon, hantu ini menampakkan diri dengan tiba-tiba dan menggelinding seperti bola. Selain menggelinding, hantu ini juga menampakkan diri dengan menjatuhkan diri dengan suara seperti kelapa jatuh. Oleh karena itu, saat malam hari dan terdengar suara kelapa jatuh, banyak orang yang takut.

Pernah suatu ketika seseorang yang mendengar suara kelapa jatuh dan ingin mengambilnya. Pada saat hendak diambil, berat “kelapa” terasa lebih berat, dan saat dilihat ternyata adalah hantu ndhas nggluntung. Seketika orang tersebut lari terpontang panting dan dikejar oleh hantu itu.

Penampakan-penampakan hantu tersebut memang menjadi cerita tersendiri bagi warga Pemalang. Bagi sebagian orang mungkin tidak percaya akan cerita ini, namun bagi orang yang pernah mengalaminya sendiri, mereka sangat kalang kabut dan ketakutan jika menceritakan kembali tentang Misteri Hantu di Pemalang. Terlebih hantu-hantu tersebut mengincar manusia sehingga pada saat itu membuat banyak orang takut berkeliaran pada malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *