Home > Travelling > Jawa > Mengenal Lebih Dekat Air Terjun Madakaripura

Mengenal Lebih Dekat Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Air terjun ini berada di kota Malang, Jawa Timur, tepatnya di lereng Gunung Bromo. Air terjun ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger. Madakaripura memiliki bentuk seperti curuk karena letaknya yang berada di lembah sempit dengan curam-curam di sekelilingnya. Dengan ketinggian 1.000 Mdpl membuat tetesan airnya nampak seperti tetesan air hujan. Karena airnya yang tak pernah habis dan debit airnya yang selalu sama maka air terjun ini kerap disebut dengan air terjun abadi.

Air terjun ini tidak hanya menyajikan keindahan alam yang eksotis saja, melainkan juga menyimpan sejarah yang sangat penting untuk diketahui. Konon katanya, air terjun ini adalah tempat tinggal patih Gajah Mada. Kalian semua tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan mahapatih yang cukup terkenal dan berpengaruh bagi kerajaan Majapahit. Nah tulisan ini akan mengajak kita untuk mengenal lebih dekat air terjun dari kaki Gunung Bromo ini. Yuk simak baik-baik.

Pesona Air Terjun Madakaripura

Air terjun yang terletak di di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur tersebut merupakan air terjun tertinggi pertama di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Keindahan Madakaripura selalu berhasil menyihir pengunjungnya, hal itu dikarenakan air terjun tersebut dikelilingi oleh tebing-tebing dimana tebing-tebing tersebut meneteskan air layaknya hujan. Adapun dari tetesan tersebut 3 diantaranya bahkan mengalirkan air dengan deras seperti air terjun juga. Apabila cuaca sedang bersahabat dan kita sedang beruntung ketika mengunjungi air terjun tersebut kita bisa melihat pelangi di air terjun tersebut.

Sepanjang jalan menuju air terjun tersebut disuguhkan pemandangan khas pegunungan, dengan daun-daun yang rindang serta udara yang sejuk membuat perjalanan menuju air terjun semakin asik untuk dilalui. Air terjun yang memiliki ketinggian 200 meter itu selalu menyihir orang untuk melihatnya. Dengan keindahan alam yang mempesona membuat air terjun madakadipura tidak pernah sepi pengunjung. Banyak wisatawan domestic maupun mancanegara yang mengunjungi tempat indah itu.

Lokasinya Mudah di Akses

Untuk menuju ke air terjun Madakaripura tidaklah sulit, apabila kita berangkat dari Surabaya langsung saja menuju arah kecamatan Lumbang. Sesampainya di kecamatan Lumbang kita bisa langsung naik ojek menuju lokasi, banyak ojek yang akan menawari kita. Namun apabila kita berangkat dengan menggunakan bis antar kota dan berhenti di terminal Probolinggo, kita langsung saja naik angkutan dengan tujuan Lumbang-Bromo, sesampainya di Lumbang langsung saja naik angkot jurusan Madakadipura. Adapun apabila kita berangkat dari Bromo, maka lebih enak untuk menuju ke lokasi dikarenakan lokasinya memang berada di kaki Gunung Bromo.

Di samping sebagai tempat wisata alam untuk memanjakan mata dan melepas penat, air terjun Madakaripura kerap digunakan sebagai tempat untuk beristirahat bagi para wisatawan yang melakukan perjalanan menuju Bromo. Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota maupun mancanegara tidak perlu khawatir untuk menuju lokasi yang indah itu, mereka dapat bertanya kepada masyarakat sekitar dan apabila wisatawan menuju lokasi kesana menggunakan agen tour kabupaten Probolinggo, maka tinggal bertanya kepada drivernya karena para driver sudah tentu hafal dengan lokasi tersebut. Namun apabila kita berkunjung kesana, ada baiknya kita untuk bertolak dari tempat tersebut sebelum sore hari. Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,dikarenakan ketika sore hari sering terjadi hujan secara tiba-tiba.

Tak kenal maka tak sayang, maka sebelum berkunjung kesana ada baiknya berkenalan dulu dengan air terjun tersebut. Dalam hal ini berkenalan maksudnya kita mengenal filosofinya, sejarahnya bahkan mitos-mitosnya. Mengenal air terjun Madakaripura membuat kita akan semakin jatuh hati. Adapun nama Madakadipura tersebut memiliki arti tanah perdikian milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Air terjun ini juga sering dikenal dengan sebutan air terjun abadi dikarenakan aliran air yang selalu melimpah ruah dengan debit yang tidak pernah berkurang. Dibalik pesonanya yang eksotis dan memanjakan mata air terjun tersebut juga menyimpan aura mistis yang kuat. Dengan berbagai cerita yang beredar membuat kita merinding ketika mengunjunginya. Namun mitos hanyalah mitos, kita harus tetap yakin dengan tujuan dan harus selalu berniat baik ketika berada di air terjun Madakadipura. Dengan niat baik dan tidak merusak alam pasti kita sampai pada tujuan yang baik pula.

Bagaimana kawan, sangat menarik untuk dikunjungi kan? Kita bisa lebih mengenal alam negeri kita sambil mengucap syukur yang tak henti-hentinya atas nikmat keindahan yang dianugerahkan Tuhan. Lalu, tunggu apalagi yuk segera agendakan liburan ke air terjun madakaripura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *