Home > Kuliner > Memanjakan Lidah Dengan Nendangnya Bakso Titoti Yang Melegenda

Memanjakan Lidah Dengan Nendangnya Bakso Titoti Yang Melegenda

Setujukah kalian bila bakso merupakan salah satu kuliner yang sangat mudah ditemukan diberbagai daerah di Indonesia ini? harganya yang terjangkau, membuatnya dapat dinikmati banyak kalangan. Rasa sedap, berkuah panas semakin menggiyurkan lidah. Wonogiri menjadi salah satu daerah yang terkenal akan kelezatan bakso serta mie ayamnya. Bahkan banyak orang Wonogiri merantau keberbagai daerah untuk mencoba peruntungan mereka berjualan bakso. Dari sekian banyak bakso Wonogiri yang ada tersebut, bakso Titoti menjadi warung bakso yang cukup melegenda. Apa yang menyebabkan bakso ini dapat melegenda? Intip keistimewaannya yuk!

Sejarah Bakso Titoti

Usaha bakso tersebut dimiliki oleh orang asli Wonogiri bernama Slamet Triyanto. Nama titoti yang diberikan berasal dari gabungan suku kata dari nama ketiga anaknya yakni Nuryanti, Hertanto dan Dian Susanti. Warung bakso yang melegenda tersebut ternyata telah mempunyai banyak cabang diantaranya 9 cabang di Jakarta, 2 di Solo, 1 di Sragen dan 2 berada di Wonogiri. Kesuksesan pak Slamet bukanlah tanpa sebuah perjuangan, jalan terjal, berliku dan penuh kerja keras pernah dilaluinya. Awalnya Slamet nekad merantau ke Jakarta dan ikut orang dulu dalam berjualan bakso.

Lama bekerja bersama orang lain, akhirnya dia memutuskan berjualan sendiri pada tahun 1971, awalnya dia berjualan bakso dengan cara dipikul. Cukup lama berjualan dengan cara dipikul, cara berjualan bakso dirubah menggunakan gerobak dorong. Baru pada tahun 1987, Slamet mulai membuka warung bakso dikawasan Bambu, Jakarta Barat. Dibukanya warung bakso miliknya membuat para pelanggan yang jatuh cinta dengan rasa baksonya semakin mudah menemukan warung bakso favorit mereka. Mampu mempertahankan kualitas rasa menjadi kunci utama yang membuat bakso titoti berkembang hingga saat ini.

Menu Bakso Titot

Rahasia dari bakso titoti ini terdapat pada cara membuat baksonya, dimana bakso pada umumnya ditambahkan tepung tapioka, namun tidak disini. Terbuat murni 100% daging sapi asli dan pilihan. Untuk membentuknya hanya dicampur menggunakan putih telur. Tak heran bila rasanya sangat nikmat dan sangat gurih. Adapun menu yang ada disana kita dapat memesan beragam variasi menu bakso, seperti bakso kuah, bakso mie, bakso spesial, kinipun terdapat banyak menu bakso titoti baru yang juga lezat seperti menu mie ayam, siomay, ayam goreng dan sop kaki sapi. Pilihan bakso yang menjadi primadona disini adalah bakso spesial, yang berisikan mie putih dan kuning, dua buah bakso urat berukuran cukup besar dan satu bakso isi telur.

Perpaduan ini semakin sempurna dengan disiramnya kuah kaldu panas dan bertabur seledri serta bawang goreng yang semakin lengkap. Bakso yang hanya menggunakan daging sapi tanpa campuran apapun tersebut, membuat bakso terasa sangat gurih dan berbeda dari bakso lainnya. Menu lainnya juga dapat dicoba, karena rasanya tidak kalah sedap dengan baksonya, seperti sop kaki sapi titoti nagih banget. Aneka minuman pelepas dahaga juga tersedia lengkap. Mengenai masalah harganya sangat terjangkau untuk semua kalangan, mulai dari 15K hingga 25K saja.

Membaca secuil ulasan ini membuat perut mendadak lapar ya. Selain mengetahui kelezatan dan rahasia dari bakso titoti, kita juga tahu bahwa perjuangan untuk menuju sebuah kesuksesan tidaklah mudah. Akan banyak kerikil tajam menghadang, tapi bila kita tekun, rajin dan tetap menjaga kualitas pasti jalan kesuksesan akan diraih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *