Home > Kuliner > Makanan Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Nikmat

Makanan Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Nikmat

Yogyakarta adalah suatu daerah yang sangat istimewa. Dikatakan istimewa karena Yogyakarta memiliki beberapa julukan, seperti kota pelajar, kota budaya dan lain sebagainya. Keistimewaan jogja pun berlanjut, selain mendapat julukan diatas jogja juga punya banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, baik berupa pantai, kebun binatang, pemandangan alam dan lain-lain. Di sebabkan banyak hal-hal yang menarik dari kota ini, sehingga mengundang minat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk mengunjungi jogja. Di kota ini banyak makanan menarik dan enak yang dapat di jadikan oleh para wisatawan yang berkunjung untuk di jadikan sebagai oleh-oleh khas jogja.

Oleh-oleh makanan khas jogja

Dengan banyaknya tempat-tempat wisata yang menarik ini, Yogyakarta memiliki berbagai macam barang maupun makanan yang dapat dijadikan sebagai cindera mata dari kota wisata ini. Berikut ini beberapa makanan khas jogja yang bisa pengunjung jadikan oleh-oleh.

  1. Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas jogja yang sangat terkenal. Makanan ini bahan utamanya terbuat dari buah nangka yang dimasak sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu masakan yang sangat nikmat. Karena masakan inilah jogja di sebut juga sebagai kota gudeg. Para wisatawan yang berkunjung ke jogja biasanya mereka menyempatkan diri untuk menikmati masakan khas jogja ini. Saat ini para pengunjung juga dapat menjadikan gudeg sebagai oleh-oleh, karena makanan ini sudah di buat dalam bentuk kering sehingga lebih awet. Gudeg yang telah dibuat kering ini bisa bertahan sampai dengan 3 hari. Bagi wisatawan yang ingin menjadikan kuliner ini sebagai oleh-oleh dapat membeli di Gudeg Yu Djum yang beralamatkan di Jalan Kaliurang KM 5 Yogyakarta.

  1. Bakpia

Oleh-oleh khas jogja selanjutnya adalah bakpia. Kue khas jogja ini dibuat dari adonan tepung terigu yang di dalam di isi dengan kacang hijau. Oleh-oleh yang satu ini termasuk kue kering sehingga sangat cocok dijadikan buah tangan. Saat ini, bakpia khas jogja ini telah tersedia dalam berbagai macam rasa yang sangat menggoda. Adapun rasa terbaru dari kue khas kota istimewa ini yaitu rasa coklat, rasa durian, rasa keju dan lain sebagainya. Bagi para pengunjung jojakarta dapat dengan mudah memperoleh kue khas jogja ini karena ditempat wisata maupun toko oleh-oleh telah menjualnya.

  1. Geplak

Geplak merupakan makanan oleh-oleh khas jogja yang unik. Dikatakan unik karena makanan ini mempunyai beraneka ragam warna, misalnya warna merah, kuning, hijau, putih, merah muda, coklat dan lain-lain. Geplak merupakan sebuah makanan yang terbuat dari bahan gula yang di campur dengan irisan-irisan daging kelapa. Dengan rasa yang manis membuat makanan ini sangat cocok untuk camilan. Geplak pun sangat mudah dijumpai di jogja karena setiap toko oleh-oleh di kota ini telah menjualnya.

  1. Yangko

Oleh-oleh khas jogja yang keempat adalah yangko. Bentuk makanan ini hampir mirip dengan kue moci. Yangko mempunyai tampilan dengan berbagai macam warna yang menarik seperti kuning, hijau, merah dan berbagi macam warna lainnya. Kue ini terbuat dari beras ketan dengan tekstur yang kenyal serta di dalam kue yangko ini terdapat kacang hijau yang sudah dicincang.

  1. Salak Pondoh

Salak pondoh juga merupakan buah yang dapat di jadikan sebagai oleh-oleh khas jogja. Ciri khusus dari buah ini yaitu salak khas jogja ini memiliki rasa yang sangat manis dengan daging buah yang kering dan berwarna putih. bagi wisatawan yang berminat menjadikan salak pondoh sebagai buah tangan dari jogja dapat membeli di kios-kios buah di jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *