Home > Kuliner > Makanan Khas Indonesia Yang Hampir Punah Tapi Wajib Dicicipi

Makanan Khas Indonesia Yang Hampir Punah Tapi Wajib Dicicipi

Indonesia memiliki makanan khas yang sangat banyak sekali. Dari sabang sampai merauke memiliki ciri khas makanan yang berbeda-beda. sudah banyak makanan khas indonesia yang mendunia. Misalnya rendang, nasi goreng, tempe dan masih banyak lainnya. sebagai orang indonesia seharusnya kita menjaga dan melestariaknnya, supaya semakin dikenal oleh banyak orang. Tetapi ada beberapa jenis masakan khas indonesia yang sudah hampir punah. Mungkin sudah sedikit orang yang mengenalnya. Menemukan makanannya juga cukup sulit. Berikut ini makanan jawa yang hampir punah tapi tetap wajib untuk dicicipi.

Pecel Semanggi

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang bernama pecel. Pasti semua tahu atau pernah mencicipinya. Di setiap daerah ada varian pecel yang berbeda-beda. Pecel memang masih banyak yang membuatnya, tapi tidak dengan pecel semanggi. Makanan khas surabaya ini, sekarang cukup sulit untuk mencarinya. Pecel ini memakai bahan baku rumput semanggi. Jadi tidak memakai sayur bayam pada umumnya. Yang khas lagi terdapat pada bumbunya. Bumbu pecel memakai campuran petes dan ketela rambat, membuat pecel ini semakin khas. Dalam penyajiannya ditambah dengan krupuk uli dan rebusan kecambah. Yang membuat langka adalah rumput semangginya yang sulit untuk didapatkan.

Mie Lethek

Mie lethek merupakan makanan khas indonesia yang berasal dari kecamatan pundong, bantul, yogyakarta. Dinamakan mie lethek karena bentuknya yang kusam atau seperti kotor. Terbuat dari mie yang terbuat dari bahan tepung tapioka, diolah manual dan tanpa memakai bahan pengawet sama sekali. Biasanya diolah menjadi mie goreng yang pedes. Mie ini semakin langka, karena semakin sedikit orang yang membuatnya.

Nasi Thiwul

Masakan jawa yang hampir punah selanjutnya adalah nasi thiwul. Orang jawa pasti tidak asing dengan makanan ini. terbuat dari bahan dasar tepung singkong yang di masak dengan gula dan ditambah parutan kelapa. Di kota-kota besar mungkin sulit untuk menemukan makanan ini, tapi di desa masih banyak orang yang membuatnya/. Memiliki rasa manis dan gurih. Di beberapa daerah di jawa ada yang menambahkan dengan lauk pauk seperti ikan dan lalapan.

Madu Mongso

Mungkin anak kecil sekarang tidak tahu apa itu madu mongso. Makanan ini banyak dibuat di daerah jogja dan sekitarnya. Tapi sekarang cukup sulit untuk menemukannya. Terbuat dari bahan dasar ketan hitam dan ditambah gula. Proses pembuatannya di fermentasi seperti membuat tape. Selain itu ditambah dengan nanas. Banyak orang yang menyebutkan sebagai dodol jawa.

Grontol Jagung

Grontol jagung sebenarnya makanan yang cukup mudah dibuat. Hanya dari jagung rebus kemudian diberi parutan kelapa. Rasanya gurih dan manis. Makanan ini berasal dari jawa tengah. Sekarang sudah sulit ditemukan karena sedikit orang yang membuatnya. Apalagi untuk mencari jagung manis saat ini cukup sulit dan harganya mahal. jadi sedikit orang yang menjualnya.

Sebenarnya masih banyak sekali makanan jawa yang hampir punah. Kita harus melestarikanya. Jangan sampai makanan tersebut hilang begitu saja tanpa ada bekas sama sekali. Bahkan anak cucu kita nantinya tidak tahu tentang makanan tersebut. masakan indonesia menjadi ciri khas dari bangsa indonesia sendiri. ketika wisatawan datang ke indonesia pasti ingin mencoba kuliner khasnya. Jadi jangan lupa untuk selalu melestarikan makanan khas indonesia. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *