Home > Travelling > Jawa > Main Sky di Padang Pasir Jogja? Seru Banget Loh! Buktikan Disini

Main Sky di Padang Pasir Jogja? Seru Banget Loh! Buktikan Disini

Bosan dengan tempat liburan yang itu-itu saja? Ingin mencoba liburan digurun pasir dengan suasana berbeda? Berlibur di gurun pasir tak perlu jauh-jauh ke Arab atau negara bergurun pasir lainnya ya, di Indonesia ada kok. Liburan seru layaknya luar negeri siapa yang tidak mau? Lokasi ini berada di Yogyakarta. Sandboarding Gumuk Pasir Parang Kusumo Jogja akan menghadirkan suasana liburan yang berbeda dari biasanya. Olahraga sandboarding kini memang tengah digemari, terlebih lagi kaula muda yang menyukai tantangan seru. Yakin kalian tidak tertarik dengan olahraga yang satu ini?

Gumuk Pasir Parang Kusumo

Indonesia yang masuk dalam kategori negara beriklim tropis, membuat teksture tanah maupun pasirnya cenderung lebih lembab. Tapi fenomena goegrafis yang ada di Bantul Yogyakarta tersebut menyuguhkan pemandangan berbeda dengan. Pasir disana benar-benar seperti gurun pasir sahara dengan teksture pasir yang tidak lembap. Awalnya masyarakat sekitar belum menyadari akan fenomena ini, sebelum fakultas geografi dari Universitas Gadjah Mada mulai mengeksplore kawasan tersebut serta mendirikan laboratorium Pesisir Geospasial.

Selain itu banyak pula sering sekali tamu dari luar negeri melihat kawasan berpasir ini. Dari sinilah masyarakat sekitar baru menyadari bahwa Gumuk Pasir Parang Kusumo Jogja ialah harga karun tersembunyi. Selain menjadi obyek wisata, kawasan berpasir ini sering dijadikan lokasi penelitian. Bahkan direncanakan kawasan berpasir ini akan dimasukkan dalam daftar Unesco World Heritage, karena merupakan fenomena alam yang langka dan hanya ditemukan di Bantul dan Meksico.

Apa saja Keseruan Yang Dapat Dilakukan Disana?

Berkunjung disana kalian bukan sekedar dapat menikmati keindahan alam berpasir saja, ada spot foto epic yang jelas membuat tampilan foto untuk dipajang di media social kalian semakin kece. Ingin mencoba kegiatan yang mengasikkan dan tidak ditemukan dilokasi lainnya? Cobalah bermain sky pasir atau yang lebih dikenal dengan sandboarding gumuk pasir Parang Kusumo. Rasakan sensasi yang berbeda meluncur di papan sky tapi diwilayah berpasir dari ketinggian 20 meter dan meluncur sepanjang 200 meter.

Tak perlu membawa papan seluncur sendiri dari rumah, sebab sudah banyak sekali yang menyediakan jasa sewa perlengkapan sandboarding lengkap dengan pelindung kepala (helm), pelindung lutut serta siku. Dengan perlengkapan tersebut sudah tidak takut lagi meluncur diatas pasir. Timing gold untuk sandboarding ini pada sore hari sekitar jam 4 hingga 6 sore. Karena udara tidak terlalu terik dan pasir juga tidak panas. Lelah ber-sandboarding kalian dapat langsung menikmati sunset yang tak kalah cantik.

Harga Tiket

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam bila ingin mengunjungi lokasi fenomenal ini, sebab tiket masuknya hanya 3.000 rupiah saja. Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir. Bila tertarik ber-sandboarding disana cukup menyiapkan biaya sandboarding di gumuk pasir Parang Kusumo sekitar 70 hingga 150 ribu rupiah saja per orang. Harga sandborading ini bergantung pada lamanya kalian bermain.

Lokasi

Tentu sudah tidak sabar ingin menikmati dan merasakan keseruan sandboarding bukan? Lokasinya juga sangat strategis dan mudah dijangkau. Dari pusat kota atau kawasan Malioboro, berjalanlah menuju arah Pantai Parangtritis. Di jalan Parangtritis lurus hingga pintu gerbang pembayaran retribusi Parangtritis. Tidak jauh dari gerbang lihatlah sebelah kanan jalan, terlihat jelas gundukan pasir Parang Kusumo disana.

Selesai sudah kupasan kita kali ini, bila ingin mencoba keseruan sandboarding Gumuk Pasir Parang Kusumo langsung saja datang ke Bantul. Karena fenomena ini hanya dimiliki 2 negara di dunia Bantul dan Meksico. Daripada jauh-jauh keluar negeri datang saja ke lokasi wisata ini. Jangan sampai menyesal bila melewati lokasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *