Home > Travelling > Jawa > Keistimewaan Pantai Parang Kusumo, Yogyakarta

Keistimewaan Pantai Parang Kusumo, Yogyakarta

Pantai merupakan salah satu wisata yang cukup menawan dan menyenangkan untuk dikunjungi. Sebagian besar kalangan masyarakat sangat menyukai keindahan yang disuguhkan oleh pantai. Deburan ombak dengan hamparan pasir tentu menjadi salah satu keindahan yang menakjubkan untuk dinikmati. Setiap pantai yang ada pada setiap daerah memiliki keindahan serta daya tariknya masing-masing. Panorama yang disuguhkan pun tentu memiliki khasnya masing-masing. Salah satu kota yang memiliki wisata pantai adalah Yogyakarta. Banyak deretan pantai yang dapat anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Salah satunya adalah Pantai Parang Kusumo.

Pantai yang ada di Yogyakarta ini letaknya bersebelahan dengan Pantai Parangtritis dan dekat dengan Pantai Depok. Anda tentu tidak asing dengan Pantai Parangtritis yang sudah sangat populer di kota Yogyakarta ini. Untuk Pantai bernama Parang Kusumo ini memiliki tepian pantai yang berbeda dengan pantai yang lainnya. Di Parang Kusumo ini, anda mungkin tidak melihat adanya deretan warung atau tempat parkir kendaraan yang teduh. Terlebih lagi di pantai ini pengunjungnya tidak seramai pantai-pantai yang lain. Sehingga bisa dibilang suasana di pantai ini cukup sepi dan tidak banyak orang yang nampak berkunjung. Meski begitu, pantai ini juga memiliki panorama yang cukup indah untuk dinikmati.

Keistimewaan Pantai Parang Kusumo dan Acara Ritual

Pantai bernama Parang Kusumo ini mungkin memang tidak seramai pantai yang lainnya. Terlebih suasana di sekitar pantai yang terbilang sepi. Namun Pantai ini memiliki keistimewaan yang mana terdapat legenda yang hidup di kalangan masyarakat Yogyakarta khususnya dan juga Jawa mengenai Ratu Laut Kidul yang dikenal sebagai penguasa Laut Selatan yang membantu untuk memberi legitimasi pada kekuasaan Raja-Raja Mataram sejak jaman Panembahan Senopati hingga sekarang ini. Legenda ini lah yang menjadi salah satu satu keistimewaan dari Parang Kusumo ini.

Adanya legenda tersebut, membuat Pantai Parang Kusumo seringkali digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai macam acara ritual. Baik yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta, atau sekelempok masyarakat maupun ritual yang dilakukan secara individual. Mulai dari acara tirakatan, upacara Melasti, semedi, Labuhan dan juga Labuhan Ageng. Bagian dari Pantai ini dibatasi dengan tembok yang berupa tugu-tugu berbentuk meru susun tiga dengan jalan semen dan juga paving block yang berada di bagian tengahnya yang mana nampak seperti jalur untuk prosesi kegiatan acara ritual.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai ini adalah ketika waktu diselenggarakannya ritual. Atau anda dapat berkunjung ke pantai ini ketika terlihat banyak pengunjung atau orang yang datang. Hal ini dikarenakan pantai ini memang bisa dibilang cukup sepi pengunjung atau tidak begitu ramai seperti pantai pada umumnya. Selain itu, waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah waktu senja atau sore hari. Sehingga anda dapat menikmati keindahan menjelang tenggelamnya matahari. Pada waktu tersebut anda akan disuguhi dengan panorama yang indah dan suasana yang menyenangkan tentunya.

Itulah keistimewaan dari Pantai Parang Kusumo yang ada di daerah Bantul kota Yogyakarta. Legenda yang melatarbelakangi pantai ini menjadi salah satu daya tarik dari Pantai tersebut. Untuk anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, anda dapat menjumpainya disekitar daerah Pantai Parangtritis. Suasana yang tidak begitu ramai mungkin akan terasa lebih menyenangkan untuk dinikmati. Namun untuk anda yang suka dengan suasana yang ramai, maka dapat mengunjungi pantai ini di waktu-waktu diselenggarakannya acara ritual atau ketika waktu ramai pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *