Home > Travelling > Jawa > Keindahan Pantai Kukup Gunung Kidul

Keindahan Pantai Kukup Gunung Kidul

Vitamin sea! Itulah kalimat yang sering diucapkan anak muda saat ini saat mendapatkan atau menginginkan liburan di pantai. Di Indonesia yang merupakan negara maritim memiliki banyak sekali pulau yang juga dilengkapi dengan berbagai macam keindahan pantai yang sangat menakjubkan. Salah satu pantai yang bisa dijadikan referensi untuk menghabiskan liburan Anda yaitu di Pantai Kukup. Pantai yang satu ini sangat favorit dan banyak dikunjungi oleh warga sekitar dan luar daerah gunung kidul.

Pantai yang terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta ini terletak di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini berada di jajaran pantai-pantai lain di Gunung Kidul yang memiliki pesona indah untuk dinikmati. Misal saja seperti Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sundak, dan masih banyak pantai lainnya. Walaupun begitu, pantai ini tidak kalah menarik karena memiliki keunikannya sendiri dibanding dengan pantai di Gunung Kidul lainnya.

Keunikan Pantai Kukup

Pantai Gunung Kidul Kukup ini adalah pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pemandangan yang disajikan sangat memukau mata dan bisa dijadikan salah satu tempat liburan paling asik yang pernah ada. Tidak hanya itu saja, pantai ini memiliki wilayah yang sangat luas yang terbentang dari timur hingga ke barat. Sama halnya dengan pantai lain yang memiliki pasir putih, namun pasir putih pada pantai di Gunung Kidul ini sangat luas dan menjadi ikon terunik di Gunung Kidul. Tidak hanya itu saja, kebanyakan dari pantai hanya terdapat hamparan luas lautan yang membentang untuk dipandang, namun pada pantai yang satu ini terdapat bukit-bukit yang bisa dinikmati seperti di daerah pegunungan.

Suasanya yang ditawarkan oleh pantai yang satu ini memang terbilang unik karena tidak semua pantai memiliki pemandangan perbukitan di depan mata memandang. Selain perbukitan, masih ada keunikan lain yang tidak boleh dilewati yaitu lantai karang yang menjorok kearah selatan. Bagian dari lantai karang ini akan terlihat ketika air laut sedang surut sehingga Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang serta biota laut yang ada didalamnya. Pantai Kukup yang menawarkan berbagai macam keindahan alam yang sangat sempurna yang bisa dinikmati dengan mata telanjang kita.

Selain menikmati keindahan alam dari bibir pantai, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang tidak akan ada habisnya melalui salah satu bangunan yang terdapat disekitarnya yang disebut dengan gardu pandang. Gardu pandang di Pantai Kukup gunung kidul ini berfungsi sebagai salah satu tempat untuk menikmati suasana pantai melalui daerah yang lebih tinggi. Anda akan menikmati angin sepoi yang berhamburan pada wajah Anda dan bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian tertentu. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai ini lebih luas karena dari ketinggian ini Anda akan mendapatkan view terbaik untuk menikmati keindahan pantai.

Untuk menuju ke daerah Pantai Kukup, Anda harus menempuh perjalanan dari Kota Yogyakarta kurang lebih 40 km. Anda juga bisa memilih 3 jalur melalui Kota Wonosari, Pantai Parangtritis, atau dari Panggang. Ketiga jalur tersebut bisa anda tempuh untuk mencapai Pantai ini. Jalur menuju panti ini juga bisa dilalui bisa sehingga Anda tidak perlu kawatir lagi apabila membawa rombongan dengan menggunakan bus. Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Kukup yang bisa Anda jadikan referensi liburan Anda. Selamat berlibur dan semoga liburan Anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *