Home > Travelling > Sumatera > Keindahan Danau Ulak Lia Dan Legenda Misteriusnya

Keindahan Danau Ulak Lia Dan Legenda Misteriusnya

Masih banyak tempat wisata di indonesia yang belum diketahui oleh banyak orang dan belum terawat dengan baik. Tempat wisata ini sebenarnya memiliki keindahan yang mempesona tapi belum terekspos dengan baik. Salah satunya adalah danau ulak lia. Buat orang daerah sumatera selatan pasti tidak asing dengan tempat wisata ini. Karena memang cukup terkenal. Tapi sayangnya belum terawat dengan baik. Banyak masyarakat yang menyayangkan hal tersebut. Karena sebenarnya bisa dijadikan destinasi wisata yang menjanjikan untuk sumatera selatan.

Pesona Keasrian Danau Ulak Lia

Keindahan danau ulak lia ini seperti bisa menghipnotis semua pengunjungnya. Keindahan yang begitu alami tanpa campur tangan manusia sama sekali. Akan membuat anda semakin betah disini. Apalagi datang pada pagi hari atau sore hari. Keindahan alamnya akan semakin mempesona dan lain daripada yang lain. Danau ini terletak di desa soak baru,kecamatan sekayu, sumatera selatan. Memiliki luas yang begitu besar, bahkan mencapai 15 hektar. Ditumbuhi berbagai macam tumbuhan eceng gondok dan ilalang. Membuat keindahan danau ini semakin mempesona.

Walaupun sudah popular di kalangan masyarakat. Tapi danau ini belum terawat dengan baik, masih banyak rumput-rumput yang terlalu tinggi dan tidak dibersihkan. Padahal jika dirawat dengan baik. Bisa menjadi potensi wisata yang besar untuk sumatera selatan. Masyarakat berharap pemerintah., bisa lebih memikirkan kebersihan dari danau ini. Sehingga semua orang yang mengunjungi akan semakin senang dan nyaman. Selain itu bisa dijadikan pemasukan utama bagi desa.

Legenda Danau Ulak Lila

Banyak sekali legenda yang menceritakan tentang danau ulak lia ini. Nama dari danau ini berdasarkan sebuah nama seorang anak yang dulu pernah meninggal di kedalam danau. Anak tersebut bernama lia. Sedangkan ulak artinya pusaran air. Jadi anak tersebut meninggal didalam pusaran air di danau. Tapi sampai saat ini belum ada orang yang melihat pusaran airnya lagi. Karena itu hanya sebuah legenda, kita tak pernah tahu asal usul nama ini dari mana.

Danau ini tidak hanya sekedar danau saja. Topografinya berupa dataran rendah. Danau terbentuk dari genangan air pasang. Bentuk danau ini sekilas hampir mirip dengan tapal kuda. Sekeliling danau terdapat bukit kecil dan padang rumput yang luas. Ini membuat keindahan danau semakin indah. Beberapa waktu ini, pihak pemerintah memang mulai memperhatikan danau ini dengan baik. Sudah mulai dibuat fasilitas umum untuk para wisatawan. Ada beberapa pondok yang bisa digunakan untuk duduk santai di tepi danau.

Fasilitas lain seperti kamar mandi, mushola tempat makan dan lainnya pun mulai dibuat. Dengan begitu para wisatawan akan semakin nyaman berlibur disini. Letak danau ini tidak jauh dari pusat kota. Membuat semakin banyak orang mengunjungi danau ulak lia setiap liburan atau akhir pekan. Dari sungai musi, hanya ditempuh dalam waktu 20 menit saja, anda bisa menyeberang dengan menggunakan perahu ketek. Jika anda memakai kendaraan pribadi mungkin hanya menempuh waktu 15 menit saja.

Flora dan fauna yang hidup di sekitar danau ulak lia semakin banyak. Ada berbagai macam ikan tawar yang membuat danau semakin indah. Datanglah pada sore hari, jika ingin melihat keindahan langit senja yang memukau, memantul di air danau yang jernih. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *