Home > Unik > Kampus Tertua Di Indonesia Yang Berkualitas Dan Paling Beken

Kampus Tertua Di Indonesia Yang Berkualitas Dan Paling Beken

Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan wilayah yang sangat luas pastinya memiliki banyak tempat untuk belajar. Berbicara tentang tempat belajar, di Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kampus tertua yang menjadi banyak incaran oleh mahasiswa. Kampus tertua di Indonesia ini termasuk kampus yang memiliki prestasi membanggakan dan juga mencetak generasi muda yang sangat berkualitas. Perguruan tinggi ini pertama kali dibangun di Indonesia dan tercatat sebagai sekolah yang banyak diminati oleh para generasi muda saat ini. Untuk beberapa perguruan tinggi tertua di Indonesia bisa disimak berikut ini.

Daftar Kampus tertua Di Indonesia

  1. Universitas Indonesia

Kampus yang terkenal dan menjadi jajaran nomor satu kampus tertua di Indonesia yaitu Universitas Indonesia. Universitas yang dahulunya dibangun pada masa kolonial Belanda ini diciptakan untuk penambahan asisten dokter tambahan. Kampus ini sekarang menjadi salah satu kampus ternama yang mencetak banyak generasi muda berkualitas dan mampu bersaing di kancah dunia pendidikan. Dahulunya kampus ini bernama Universiteit van Indonesie dan kemudian namanya diubah menjadi Universitas Indonesia.

  1. Universitas Airlangga

Jajaran kedua kampus yang tertua di Indonesia yaitu Universitas Airlangga. Kampus yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini juga menjadi salah satu Universitas yang mampu bersaing dengan universitas lain sampai saat ini. Universitas ini berdiri sejak 1913 yang berawal dari lembaga pendidikan Belanda. Universitas ini diresmikan pada tahun 1954 menjadi pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia oleh presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno yang bertepatan dengan hari pahlawan yakni tanggal 10 November 1954.

  1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung yang sering dikenal dengan ITB ini juga masuk kedalam jajaran kampus tertua di Indonesia. ITB adalah kampus yang didirikan pada tahun 1920 atas inisiatif swasta yang dulunya dikenal dengan TechnISCHE Hogescool Bandoeng (THS). Institut ini didirikan pertama kali oleh pemerintah Hindia Belanda. Universitas yang terletak di kota Bandung ini adalah kampus yang sudah banyak memiliki alumni paling baik dan berkualitas dalam bidang teknik. Sesuai dengan namanya, universitas ini mencetak banyak generasi muda yang memiliki bakat dan juga kemampuan dalam bidang teknik.

  1. Institut Pertanian Bogor

Institute Pertanian Bogor berdiri pada tahun 1940 yang dulunya bernama Landbouw Hogeschool. Univeritas ini merupakan pusat dari pendidikan yang melatih para siswanya untuk mempelajari berbagai macam permasalahan dan persoalan yang berhubungan dengan pertanian serta ilmu-ilmu agronomi. Walaupun pada tahun 1942 – 1945 universitas ini sempat ditutup namun sekolah ini dibuka kembali dan berganti nama dengan Fakultas Pertanian UI. Dan sampai saat ini universitas ini menjadi kampus terbaik yang memiliki generasi muda dengan kualitas yang terbaik pula dalam bidang pertanian. Hal ini menunjukkan kredibilitas Institut Pertanian Bogor sebagai kampus tertua yang pernah ada di Indonesia.

Itulah beberapa kampus tertua di Indonesia yang juga termasuk kampus paling beken yang pernah ada. Kampus tersebut tidak hanya kampus tertua melainkan kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi. Semua universitas tersebut mencetak generasi muda yang berkualitas pada masing-masing bidangnya dengan dibantu fasilitas yang dimiliki oleh universitas itu sendiri. Walaupun terbilang tertua namun hampir semuanya termasuk universitas yang ternama di kancah dunia pendidikan. Semua orang juga bermimpi untuk bisa masuk dan menjadi mahasiswa kampus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *