Home > Travelling > Jawa > Intip Bersama Keindahan 5 Gereja Tertua Yang Ada Di Indonesia

Intip Bersama Keindahan 5 Gereja Tertua Yang Ada Di Indonesia

Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat Kristiani, gereja sendiri adalah suatu kata dalam bahasa Indonesia yang berarti suatu perkumpulan atau lembaga dari penganut Kristiani. Agama kristen sendiri telah lama masuk ke Indonesia, lebih tepatnya pada abad ke 7. Pada awalnya agama kristen masuk melalui gereja Assiria (gereja Timur) yang tersebar pada dua tempat yakni Pancur yang berada di daerah sekitar Deli Serdang serta daerah sekitar Tapanuli Selatan (Barus) di Sumatra. Menjadi agama yang telah lama ada, menandakan adanya peninggalan sejarah seperti gereja tertua di Indonesia. Penasaran? simak lebih lengkapnya berikut ini.

Daftar Gereja Tertua Yang Ada Di Indonesia

  1. Santa Maria de Fatima

Pada urutan pertama merupakan sebuah gereja yang berlokasi di jakarta. Ketika anda menginjakkan kaki disana, nuansa mirip klenteng begitu kuat terasa. Bahkan banyak orang yang beranggapan ini sebuah klenteng karena arsitekturnya yang berbeda dengan gereja pada umumnya. Sejarah gereja tertua di Indonesia menyebutkan bahwa gereja ini dibangun pada tahun 1954 oleh seorang kapitan keturunan Tionghoa bermarga Tjioe. Didirikan oleh seorang keturunan Tionghoa tak heran bila gereja ini dibuat menyerupai kelenteng. Pemerintahpun telah menyatakan bahwa gereja tersebut sebagai cagar budaya.

  1. Candi Hati Kudus Yesus

Dari Jakarta kita beralih ke Yogyakarta, gereja ini memiliki arsitektur yang sangat unik. Anda dapat membayangkan Yesus yang nasrani berada disebuah candi Hindu. Pendiri candi ini adalah keluarga Schmutzer, sebuah keluarga dari Belanda yang beragama Katolik. Didalam gereja tersebut Yesus tidak tergambarkan seperti Yesus pada umumnya, dia tampil sebagai raja Jawa dan berada didalam candi. Nuansa akulturasi agama dan budaya sangat kental terasa didalam gereja yang diresmikan pada tahun 1930 ini.

  1. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk yang kadang dieja dengan Blendug atau mBlendhug ini merupakan gereja tertua di Jawa Tengah. Pada tahun 1753, masyarakat Belanda yang tinggal di Semarang mendirikan gereja ini dengan bentuk yang unik yakni heksagonal (persegi delapan). Sebenarnya gereja ini bernama gereja GPIB Immanuel, namun lebih dikenal dengan gereja Blenduk. Kubah gereja dilapisi perunggu dan didalamnya terdapat orgel Barok, bagian dalamnyapun dibuat berdasarkan salib Yunani.

  1. Katedral Santo Petrus

Gereja Katedral Santo Petrus atau banyak dikenal dengan Katedral Bandung, merupakan sebuah gereja yang terletak di jalan Merdeka Bandung. Katedral dirancang oleh Ir. Charles Proper Wolff Schoemaker dengan mengusung gaya arsitektur neo-Gothic akhir. Awalnya gereja tersebut diberi nama St. Franciscus Regis oada tahun 1895, setelah Bandung mendapatkan status geemente (setingkat kotamadya), gereja ini diperluas sepanjang tahun 1921.

  1. Gereja Maranatha

Gereja Maranatha menjadi gereja tertua dan terbesar di Ambon, Maluku. Pada tahun 1954 gereja beserta masjid Raya al Fatah diberikan kepada masyarakat Ambon atas nama pemerintah pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Kedua tempat ini sama sekali tidak terjamah ketika terjadi kerusuhan di Ambon, dan tetap kokoh berdiri hingga saat ini.

Itulah dia 5 gereja tertua di Indonesia yang dapat diketahui. Sebagai umat manusia yang memang diciptakan berbeda, kita seharusnya saling menjaga tempat ibadah walaupun berbeda agama. Karena saling menjaga keberagaman dan kerukunan itu lebih baik dibandingkan dengan saling menghujat. Semoga wisata gereja kali ini bermanfaat bagi anda semua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *