Home > Kuliner > Inilah 5 Makanan Unik Manado Yang Terdahsyat

Inilah 5 Makanan Unik Manado Yang Terdahsyat

Apakah anda penggemar wisata kuliner? Kuliner memang selalu menyenangkan dan mengenyangkan terutama ketika kita mendapatkan kelezatan baru yang belum pernah kita rasakan. Berwisata kuliner sendiri seharusnya tidak hanya berhenti pada satu daerah saja. Indonesia ini sangat luas dan tentunya menyimpan berbagai jenis kuliner yang siap untuk dinikmati. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan referensi makanan unik manado. Makanan unik ini tentu beda dari makanan daerah lain dari penampilan serta warnanya. Anda akan merasakan sensasi baru tentunya setelah merasakan makanan ini. Berikut adalah list makanan unik yang paling banyak diminati di manado.

Cakalang Fufu

Mendengar kata cakalang tentu sudah tidak asing lagi bagi anda para penggemar sea food. Tapi, di Manado, cakalang dimasak menjadi menu yang berkarakter dengan nama Cakalang Fufu. Pada proses pemasakanya, pertama, cakalang segar akan diasap terlebih dahulu selama kurang lebih 4 jam. Setelah 4 jam, cakalang perlu didinginkan selama 2 jam pula. Dari prosesnya saja cukup memakan waktu, jadi bisa anda bayangkan rasa dari makanan ini tentunya. Biasanya, pada pemasakan, cakalang ini akan terasa sangat sedap ketika disiram saus sambal setelah digoreng. Dengan karakter yang lembut serta perpaduan pedas dari saus sambal akan membuat lidah anda melayang.

Dabu-Dabu Lilang

Makanan unik manado selanjutnya adalah dabu dabu lilang. Makanan ini memang cenderung sebagai pelengkap karena makanan ini adalah sambal khas manado. Karena khas, tentu saja sambal ini beda tampilanya dari sambal rata-rata. Perbedaan yang paling tampak adalah tampilan. Kita mengenal di berbagai tempat kalau sambal sering diblender atau diulek, namun, sambal dabu-dabu lilang ini memiliki bahan yang diiris kecil-kecil sekali seperti tomat, bawang merah, dan cabai rawit. Setelah diiris, sambal ini akan diberikan perasan jeruk nipis, gula, dan minyak bekas gorengan ikan cakalang biasanya. Sambal ini memiliki rasa yang khas dan tekstur yang renyah sehingga sangat menggugah selera.

Perkedel Nike

Jika anda ingin merasakan rasa yang khas lagi dari kuliner unik manado, perkedel nike adalah pilihan selanjutnya. Seperti layaknya perkedel, komposisi dari perkedel ini tidak jauh berbeda. Perbedaan hanya terletak pada satu hal saja, yaitu ikan nike. Ikan nike adalah ikan khas yang berasal dari manado. Ikan ini memiliki rasa yang khas dan tekstur yang sangat spesial. Ikan ini biasanya didapat dari danau terbesar kedua di Indonesia yaitu danau tondano. Ikan ini sangat melimpah di danau ini dan tentunya anda akan mendapatkan perkedel ini ketika anda mencari makanan khas manado.

Tuturuga

Untuk makanan unik di manado, mungkin menurut anda makanan inilah yang sangat unik. Dari namanya saja sudah aneh. Tuturuga merupakan nama sebutan untuk kura-kura di manado. Ya, ternyata bahan utama dari makanan ini adalah kura-kura sendiri. Bumbunya yang hampir mirip dengan daging ayam dipadu dengan daging kura-kura yang khas akan memberikan kesan tersendiri. Namun, saat ini semakin sulit mendapatkan makanan ini karena pengkonsumsian kura-kura sudah dilarang oleh pemerintah. Oleh karena itu, bahan dari masakan ini sering diganti dengan ayam.

Nasi Jaha

Nasi jaha adalah Makanan unik manado yang tidak boleh anda lewatkan. Nasi jaha dibuat dari bahan beras ketan, santan, kemudian jahe, dan rempah lainya. Proses memasak nasi jaha ini adalah dengan membungkus nasi kedalam daun pisang kemudian memasukanya pada bambu. Setelah itu, bambu dibakar sampai nasi matang. Aroma dan rasa dari nasi ini sangat khas dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *