Home > Travelling > Jawa > Inilah 3 Destinasi Wisata Terfavorit Di Gunung Kidul

Inilah 3 Destinasi Wisata Terfavorit Di Gunung Kidul

Gunung kidul merupakan kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, namanya kini semakin dikenal para pelancong karena keindahannya. Wilayah Jogja dikenal sebagai kawasan yang subur dan hijau, namun pemandangan berbeda akan anda temukan disana. Wilayah gunung kidul merupakan wilayah yang mayoritas tandus dan wilayah perbukitan kapur. Bahkan dikenal sebagai lahan yang tandus, daerah Gunung Kidul ini juga kerap mengalami masalah kekeringan. Meskipun wilayahnya yang tandus dan berbukit kapur, ternyata Gunung Kidul tak kehilangan pesonanya. Kini banyak sekali kawasan wisata Gunung Kidul yang telah populer dan menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Destinasi Wisata Favorit Di Gunung Kidul

Gunung api purba Nglanggeran

Seperti yang telah kita ungkap tadi bahwasannya gunung kidul adalah kawasan perbukitan kapur. Ingin merasakan trekking yang seru dan menyenangkan? Kawasan wisata ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata anda. Dahulu gunung ini merupakan gunung aktif pada masa 60 juta tahun yang lalu, tapi kini gunung ini sudah tidak aktif lagi. Bagi kalian yang ingin trekking ke puncak gunung yang berlokasi di desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul tersebut tidak memerlukan waktu yang lama. Hanya berkisar 1 jam trekking, karena ketinggiannya yang hanya 700 mdpl. Satu diantara wisata favorit di Gunung Kidul ini memiliki dua puncak, yakni puncak timur yang sangat pas untuk menikmati sunrise dan puncak Barat yang sangat cocok untuk menikmati sunset.

Pantai nglambor

Pantai di pesisir Selatan Jogja memang dikenal sebagai pantai berombak besar, tapi hal kontras akan anda temukan di wisata Gunung Kidul ini. Pantai Nglambor memiliki ombak yang tenang padahal kawasan pantai ini berada diantara pantai Jogan dan pantai Siung. Pantai yang berlokasi di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul tersebut dikenal dengan pemandangan bawah laut yang mempesona. Deretan terumbu karang cantik dapat ditemui secara mudah mengingat permukaannya yang dangkal. Ditambah ombak yang tenang tadi anda dapat ber-snorkeling dengan aman ataupun berenang dengan bebas dilautan.

Pantai Timang

Ingin berlibur yang memacu adrenaline? Rasanya kawasan wisata favorit di Gunung Kidul ini menjadi pilihan tepat bagi anda. Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya, anda akan disuguhi ombak pesisir pantai Selatan yang ganas. Menaiki gondola kayu sederhana dengan beberapa utas tali yang menjadi alat bantu para nelayan disana akan anda temui. Para nelayan disana telah biasa bertaruh nyawa dengan menaiki gondola kayu sederhana ini melalui lautan pesisir Selatan berombak besar yang siap kapan saja menelan siapa saja yang jatuh kesana. Gondola kayu ini memang tidak dipakai sebagai media berwisata, namun dijadikan sebagai media transportasi penghubung desa porwodadi Gunung Kidul dengan pulau Watu Panjang, tempat mereka mencari lobster. Bila anda ingin mencoba memacu adrenalin anda, anda dapat menaiki gondola kayu sederhana ini ditemani angin laut yang besar.

Nah setelah membaca beberapa kawasan destinasi wisata gunung Kidul tersebut, pasti kini anda telah memiliki referensi akan berlibur kemana bukan? Ternyata banyak sekali tempat wisata kece yang dapat anda kunjungi ketika berada disana. Bukan hanya sekedar wisata pantai saja, wisata alam lain seperti gunung juga akan memberikan pemandangan berbeda untuk anda. Bila ingin merasakan keseruan disetiap tempat wisata tersebut, sebaiknya anda mengunjungi dan merasakan langsung keindahan dan keseruannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda saat berlibur kesana, have a nice holiday.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *