Home > Mistis > Hanya Pemberani Yang Berani Membaca Kisah Hantu Kuyang, Bikin Bulu Kuduk Merinding!

Hanya Pemberani Yang Berani Membaca Kisah Hantu Kuyang, Bikin Bulu Kuduk Merinding!

Indonesia menjadi negara yang amat kaya akan berbagai hal seperti budaya, bahasa, kuliner termasuk kisah mistis. Setiap daerah mempunyai kisah mistis yang berbeda, keberadaan makhluk gaib ini diceritakan secara turun temurun hingga saat ini. Banyak yang mempercayainya dan tak jarang pula yang tidak percaya akan keberadaannya. Salah satu cerita mistis yang masih melegenda hingga saat ini adalah kisah hantu kuyang. Hantu ini dikenal dikawasan Kalimantan, dan konon masih sering muncul sekarang ini. Penasaran seperti apa kisah lengkapnya? Simak ceritanya bersama!

Asal Usul Hantu Kuyang

Hantu Kuyang atau Kawi yang merupakan sosok hantu yang suka mencari dan menghisap darah wanita. Ternyata Kuyang merupakan jelmaan dari seorang wanita yang menuntut ilmu hitam untuk mendapatkan umur panjang, awet muda dan kehidupan abadi. Konon umur seorang kuyang dapat mencapai 300 tahun, sebelum ilmunya diturunkan kegenerasi sesudahnya. Dan begitu pula imbalan untuk iblis akan terus meminta syarat darah segar dari wanita yang baru melahirkan, ari-ari, atau darah kotor lainnya. Dimalam hari kuyang akan terbang menjelma hantu yang menakutkan, namun ketika siang hari dia tetap menjadi wanita biasa.

Cerita yang berkembang tentang kisah hantu kuyang ini, ketika seseorang berhasil menangkap hantu kuyang, maka dia akan mengabulkan apa saja permintaannya. Sosok gambaran dari kisah mistis hantu kuyang ini sangat menyeramkan, dimana berupa kepala dengan isi tubuh terurai keluar tanpa kulit dan dapat terbang. Dia akan terbang dimalam hari mencari mangsa wanita yang akan melahirkan atau pembalut wanita yang tidak dibersihkan dan dibuang sembarangan. Oleh sebab itu gadis yang sedang berhalangan harus berhati-hati, jika darah segar tidak ditemukan, kuyang ini akan mendatangi para gadis tersebut dan menghisap darah dari pangkal paha ketika dia tertidur.

Bekas hisapan hantu kuyang ini mempunyai bekas kebiru-biruan seperti lebam dengan sedikit rasa gatal ditempat bekas hisapan tersebut. Jangan khawatir, untuk menghindari hal tersebut orang terdahulu sering menggunakan bawang putih dan merah tunggal dan disimpan dibawah kasur. Adapula yang menambahkan bulu landak, karena kuyang tidak menyukainya. Tambahan saran sebelum tidur jangan lupa membaca do’a menurut agama masing-masing.

Minyak Kuyang

Seperti yang sempat kita singgung tadi, bila dapat menangkap hantu kuyang dia akan mengabulkan apa saja permintaan kita. Salah satu permintaan yang sering diminta adalah minyak kuyang, diceritakan bahwa minyak ini mempunyai khasiat. Terdapat 5 minyak dengan warna dan khasiat minyak kuyang yang berbeda. Minyak berwarna hitam dipercaya untuk ilmu kekebalan, tahan terhadap tebasan, benda tajam atau tembakan peluru. Minyak kedua mempunyai warna kuning, dipercaya mampu membuat hati perempuan bertekuk lutut dan mengikuti arahan pemilik minyak.

Selanjutnya minyak kuyang ketiga berwarna putih, minyak ini paling diincar karena dipercaya mampu mendatangkan uang dengan cepat dalam proses gaib. Banyak dari pemilik minyak ini mengoleskan minyak pada uang, dan secara gaib uang akan kembali lagi. minyak merah berkhasiat si pemilik minyak mampu berlari sangat cepat dan memerintah para jin. Sedangkan minyak terakhir minyak berwarna hijau dapat mengirim ilmu santet dan teluh kepada orang lain yang diinginkan.

Nah demikianlah kisah hantu kuyang yang menjadi cerita turun temurun di Kalimantan. Hidup didunia ini kita memang tidak hanya ada manusia saja, ada makhluk lain yang juga hidup berdampingan meskipun tidak terlihat. Ajaran agama Islam juga mengajarkan akan hal tersebut, bahkan disebutkan dalam Al-Qur’an. Semua kepercayaan tetap kembali pada pribadi masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *