Home > Mistis > Hantu Genderuwo Penunggu Pohon Gayam di Klaten Jawa Tengah

Hantu Genderuwo Penunggu Pohon Gayam di Klaten Jawa Tengah

Indonesia dapat dikatakan sebagai gudang kisah misteri yang menyimpan banyak sekali cerita-cerita berbau gaib. Ada banyak jenis hantu yang dikenal di Indonesia. Pasti anda sering mendengar kisah mengenai hantu pocong, tuyul, kuntilanak, termasuk genderuwo. Hampir di setiap sudut di wilayah Indonesia ini masih kental dengan kisah misteri makhluk gaib atau hantu. Salah satunya adalah daerah Jawa Tengah dan khususnya di wilayah Kabupaten Klaten. Ada satu cerita mistis yang cukup terkenal di daerah tersebut. Yaitu kisah tentang sosok hantu Genderuwo penghuni pohon Gayam.

Sosok Genderuwo digambarkan sebagai makhluk gaib yang wujudnya menyerupai manusia, hanya saja genderuwo ini mempunyai bulu-bulu yang menutupi tubuhnya layaknya seekor monyet. Terkadang genderuwo tersebut bisa merubah wujudnya menjadi manusia sempurna dan menampakkan dirinya sebagai seorang laki-laki di depan manusia. Ia mempunyai tujuan menggoda wanita yang sedang sendiri di tempat yang sepi. Kemudian merayu mereka dan membuat mereka lupa diri. Genderuwo biasanya hidup di sebuah rumah kosong, di pohon besar, atau di sungai-sungai.

Hantu Genderuwo Penghuni Pohon Gayam

Di Klaten, Jawa Tengah, sebuah kisah mistis mengenai Genderuwo yang menghuni pohon gayam menyebar luas. Sejak dulu, pohon gayam memang terkenal sebagai pohon besar yang menjadi tempat bersarangnya banyak hantu. Meskipun hal tersebut sebenarnya belum bisa dibuktikan hingga sekarang. Namun beredarnya mitos tersebut membuat banyak orang menjadi takut untuk berada di sekitar pohon ini. Kebanyakan orang juga tidak berani menebang pohon gayam yang ada di sekitar mereka. Para orang tua juga selalu mengingatkan anak-anak mereka untuk tidak bermain di sekitar pohon gayam ini. Pada saat itu memang dipercaya bahwa pohon gayam menjadi tempat tinggal hantu Genderuwo. Karakter pohon gayam yang rimbun, besar, dan tinggi dirasa pas sebagai rumah sosok makhluk gaib tersebut.

Para orang tua yang melarang anaknya bermain di sekitar pohon gayam mempunyai tujuan yang baik. Mereka tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada anak mereka. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menghindari untuk berada di sekitar pohon ini. Mendekat pun mereka tidak berani. Apalagi saat tiba malam hari dan suasana menjadi gelap dan sepi. Di daerah Klaten, pohon gayam memang masih banyak dijumpai di pinggir sungai di daerah pedesaan. Pohon ini akan tumbuh subur di tepian sungai dan tak jarang menjatuhkan buahnya ke sungai tersebut. Namun lagi-lagi mitos pohon gayam sebagai tempat tinggal genderuwo membuat orang-orang tidak berani mengambil bahkan menyentuh buah gayam tersebut.

Namun kisah mengenai pohon gayam dan sosok menyeramkan genderuwo ini mulai memudar seiring perkembangan jaman. Bahkan saat ini sudah tidak begitu terdengar lagi kisahnya. Hal itu disebabkan masyarakat daerah Klaten sudah jarang beraktivitas di sekitar sungai. Sehingga kehidupan mereka pun tak lagi terhubung dengan makhluk gaib tersebut. Ditambah teknologi dan pemikiran masyarakat yang semakin maju juga membuat kisah misteri ini tergerus dengan sendirinya.

Itulah kisah mengenai hantu genderuwo penunggu pohon gayam di klaten Jawa Tengah. Memang kisah misteri seperti kisah di atas adalah sesuatu yang bisa dipercaya bisa juga tidak. Semua tergantung pada pribadi masing-masing. Namun sebagai seorang yang beriman, kita harus percaya bahwa selain dunia manusia Tuhan juga menciptakan hal-hal gaib seperti jin dan setan yang hidup berdampingan dengan kita. Memperkuat iman dan selalu memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa bisa menjadi benteng pertahanan kita untuk terhindar dari gangguan makhluk-makhluk gaib tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *