Home > Travelling > Jawa > Gunung Terindah Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Gunung Terindah Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Gunung Terindah di Indonesia – Indonesia, yang merupakan tempat bertemunya pegunungan sirkum mediterania dan sirkum pasifik menyebabkan wilayahnya mempunyai banyak pegunungan. Indonesia bahkan terkenal sebagai volcano country karena mempunyai banyak gunung berapi yang masih aktif. Di samping itu, Indonesia juga berada di daerah cincin api yang notabene merupakan jalur gunung berapi yang masih aktif dan cukup berbahaya di dunia. Meskipun hal tersebut terkesan membahayakan, sebenarnya malah memberikan kelebihan untuk Indonesia yang tentunya tidak dimiliki oleh negara lain yaitu panorama gunung yang mempesona dan indah. Berikut adalah beberapa gunung terindah di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi.

Gunung Terindah di Indonesia di Berbagai Provinsi

Gunung Rinjani

Pulau Lombok yang ada di pulau Nusa Tenggara Barat tidak hanya mempunyai keindahan pantai yang memukau dan eksotis. Di pulau ini juga terdapat salah satu gunung terindah dan terkenal di Indonesia. Keindahan gunung yang satu ini sudah dikenal oleh banyak orang khususnya mereka yang gemar mendaki gunung. Gunung Rinjani, yang terletak di pulau Nusa tenggara Barat ini disebut sebagai salah satu tempat wisata trekking yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Ketinggian dari gunung ini sekitar 3.726 meter dan merupakan gunung tertinggi ketiga yang ada di Indonesia. Gunung Rinjani menawarkan berbagai pemandangan alam yang sangat menakjubkan mulai dari padang savanna yang ditumbuhi bunga-bunga edelweiss, danau sagara anak, serta pemandangan sunrise atau matahari terbit yang cantik tiada duanya. Untuk mendaki gunung ini dibutuhkan waktu sekitar 7 hingga 10 jam.

Gunung Bromo

Gunung yang satu ini terletak di empat wilayah yang berbeda yaitu kabupaten malang, lumajang, pasuruan, dan probolinggo. Letak dari salah satu gunung terindah di Indonesia ini cukup strategis yang membuatnya cukup mudah diakses dari berbagai tempat. Gunung bromo ini terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang menawan bahkan sudah dikenal hingga ke penjuru dunia. Maka tak heran jika anda akan menemui banyak turis yang berasal dari Eropa, Thailand, serta China, ketika berkunjung gunung Bromo.

Disamping menikmati pemandangan sunrise, anda juga bisa mendaki gunung untuk menyaksikan kawah bromo yang mempunyai diameter sekitar 800 meter dari utara ke arah selatan serta 600 meter dari arah barat kearah timur. Bagi anda yang ingin mendapatkan spot foto yang bagus, anda bisa menuju ke padang savana dan bukit teletubbies.

Gunung Semeru

Berbicara tentang referensi gunung terindah di Indonesia, jawa timur memang menjadi spot yang terbaik. Selain gunung bromo, anda juga bisa mengunjungi gunung semeru yang merupakan gunung tertinggi yang ada di pulau jawa. Gunung ini terletak di antara 2 kabupaten yaitu kabupaten lumajang dan kabupaten malang.

Di gunung semeru juga terdapat salah satu danau terindah yang ada di Indonesia yaitu Ranu Kumbolo yang juga menjadi salah satu lokasi syuting film 5 cm. Danau ini merupakan tempat peristirahatan serta markas para pendaki yang akan melanjutkan ke puncak gunung Semeru.

Di hadapan danau Ranu Kumbolo terdapat sebuah jalan menanjak yang lebih terkenal dengan sebutan Tanjakan Cinta. Masyarakat setempat mempercayai jika pendaki mampu melalui tanjakan tersebut tanpa menoleh ke belakang, maka ia akan mempunyai kisah cinta yang abadi. Di balik bukit cinta yang ada di salah satu gunung terindah di Indonesia ini, anda bisa menikmati pemandangan padang savanna oro-oro ombo yang dipenuhi dengan bunga lavender serta lereng yang ditumbuhi pohon-pohon pinus layaknya pemandangan khas pegunungan yang ada di Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *