Home > Kuliner > Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris Di Kota Yogyakarta

Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris Di Kota Yogyakarta

Pernahkah anda pergi ke Jogja? Jangan ngaku pernah pergi ke Jogja bila belum mencicipi gudeg, makanan yang menjadi ciri khas kota ini. Saat ini banyak sekali penjual gudeg di Jogja, mereka mulai buka dari pagi hingga malam bahkan ada yang buka hingga 24 jam. Satu diantara banyaknya penjual gudeg, ada satu penjual gudeg yang amat legendaris di Yogyakarta yakni gudeg Yu Djum. Banyak yang telah berkunjung kesana dan merasa ketagihan akan rasa gudeg milik Yu Djum tersebut. Tak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung kesana selalu meluangkan waktu untuk menikmati gudeg ini. Bagi anda yang masih penasaran akan gudeg ini, mari kita korek lebih dalam seperti apa lezatnya gudeg ini.

Lezatnya Gudeg Yu Djum

Tempat makan yang ramai bahkan hingga mengantri adalah pemandangan sehari hari lokasi kuliner yang berada di Jalan Wijilan Nomor 167 setelah pelngkung, Wijilan, Yogyakarta ini. Para pengunjung bukan sedang mengantri untuk ke lokasi wisata atau berfoto bersama artis ternama, melainkan mereka ingin menikmati gudeg legendaris kota Yogyakarta.

Jalan Wijilan memang telah ramai dipadati para penjual gudeg sejak tahun 1942, dan gudeg legendaris miliki Yu Djum ini telah berdiri sejak tahun 1951. Satu porsi gudeg berisi nasi hangat yang disajikan bercampur dengan gudeg, krecek pedas serta pilihan lauk seperti telur, ayam, tahu, tempe, ati dll menjadi satu kenikmatan yang membuat ngiler para pengunjung. Rasa gurih, manis dan sedikit pedas bercampur menjadi satu memberikan rasa yang luar biasa nikmatnya.

Rahasia Kenikmatan Gudeg Yu Djum

Banyak orang yang bertanya tanya, mengapa gudeg Yu Djum ini mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Tentunya dibalik mampunya bertahan hingga lama beliau memiliki rahasia didalamnya. Cara memasak gudeg secara tradisional adalah kunci utamanya, selain itu beliau akan selalu mempertahankan kualitas dan rasa gudegnya. Selain itu bahan-bahan berkualitas terbaik sangat diwajibkan, agar menghasilkan gudeg dengan cita rasa nikmat.

Selama berpuluh puluh tahun, sayur nangka atau gori yang dipergunakan untuk membuat gudeg hanya gori yang berasal dari Prembun. Karena berdasarkan pengalaman, gori Prembun sangat pas dijadikan sebagai pembuat gudeg. Gori tersebut tidak mudah lumat meski dimasak dalam jangka waktu yang lama, berbeda dengan gori dari daerah lainnya.

Harga Dan Menu Yang Tersedia

Kelezatan gudeg ini bukan hanya dapat dinikmati ditempat saja, kita juga dapat membawanya pulang sebagai oleh oleh khas Yogyakarta. Bila makan ditempat, kita dapat memilih menu satu porsi saja dengan aneka lauknya. Terdapat paket besek dan juga paket kendil (seperti panci yang terbuat dari tanah liat). Paket besek aman dikonsumsi meskipun tidak dipanaskan selama satu hari, sedangkan paket kendil mampu bertahan tanpa dipanaskan hingga 5 hari, jadi sangat aman kita bawa untuk oleh oleh. Satu porsi bila dimakan ditempat harganya mulai dari 9 ribu rupiah saja, sedangkan paket besek dimulai dari harga 45 ribu rupiah, untuk paket kendil harganya mulai dari 115 ribu rupiah.

Saat ini pasti telah terbayang kelezatan dan kenikmatan gudeg legendaris ini bukan? Ternyata kenikmatan gudeg ini juga dapat kita bawa sebagai oleh oleh. Gudeg Yu Djum mampu bertahan hingga sekarang karena mempertahankan kualitas dan rasanya. Hingga saat ini gudeg milik Yu Djum ini telah membuka cabang diberbagai kawasan Jogja, dan tetap ramai pengunjung meskipun pemiliknya telah tiada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *