Gondola Timang Jogja, Wisata Keren Penantang Adrenalin

Jogja memang terkenal sebagai salah satu kota wisata terbaik di Indonesia yang cocok untuk menjadi tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan kerabat. Seolah tidak pernah henti, Jogja selalu berinovasi dengan objek wisata yang mereka sediakan. Terakhir, ada salah satu objek wisata baru di Jogja yang dapat menjadi pilihan mengesankan bagi anda dan keluarga. Objek wisata tersebut adalah gondola timang Jogja, sebuah objek wisata yang akan menantang adrenalin anda. Penasaran dengan objek wisata yang satu ini?

Letak tempat wisata

Bagi anda yang ingin menuju ke wisata gondola timang Jogja, anda memang harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Ya, gondola ini terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus yang masuk wilayah Gubung Kidul. Jarak pantai dari pusat kota Gunung Kidul tergolong cukup jauh yakni sekitar 35 kilometer.

Perlu diketahui bahwa pantai ini termasuk salah satu pantai yang terjal untuk dikunjungi. Mungkin anda akan merasa tidak nyaman dengan perjalanan anda tetapi anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang mengesankan disertai deburan ombak yang ciamik yang tentu saja akan menghilangkan rasa penat anda saat di perjalanan. Dengan pemandangan yang ada, perjalanan anda tentu saja akan terasa sangat menyenangkan.

Sejarah gondola

Menarik memang untuk menyimak sejarah dari gondola timang Jogja sebelum tempat ini menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Jogja. Sebenarnya, gondola ini bukanlah sebuah objek wisata yang ada di pantai timang, namun merupakan alat transportasi swadaya yang dibangun oleh nelayan untuk mencari lobster. Memang, lobster merupakan salah satu hasil sumber daya yang terkenal di pantai timang ini yang juga menjadi komoditas unggulan dari warga sekitar.

Namun, karena nelayan dan warga sekitar melihat potensi wisata yang ada, maka mereka lalu mengkomersilkan gondola ini. Harga untuk menyebrang dengan gondola dipatok dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar 200.000. Harga ini sebenarnya memang sebanding karena untuk menyebrangkan wisatawan dengan gondola ini diperlukan keahlian yang khusus dan cara yang tidak mudah. Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan pengalaman yang sangat mengesankan dimana anda bisa menyeberang di atas deburan ombak menuju karang di seberang.

Pantai yang mulai digarap

Seiring dengan potensi wisata yang terus berkembang, pantai timang juga mulai digarap. Ya, wisata gondola timang Jogja ini mulai dibangun dengan beragam perbaikan yang dilakukan. Perlu diketahui bahwa sebelum gondola ini terkenal dan menjadi tujuan wisata yang menarik, pantai timang termasuk salah satu pantai yang terkubur oleh nama tenar pantai lain. Tidak jarang bahwa wisatawan akan kesulitan dalam menemukan letak pantai ini.

Namun, kini pantai timang menjadi salah satu favorite dari wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul. Dengan alam yang masih asri dan pantai yang tergolong baru, tentu saja pantai timang semakin digemari oleh traveler yang ingin menikmati pantai yang indah. Kini pantai timang mulai bersolek dan dibangun dengan membersihkan bibir pantai serta menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang tentu saja dapat membuat wisata menjadi lebih menarik.

Tips wisata di gondola timang

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun, bagi anda yang ingin berwisata ke gondola timang Jogja, hendaknya anda mempersiapkan beberapa hal. Anda sebaiknya berkunjung ke gondola pada saat cuaca cerah dan pagi atau siang hari. Hal ini demi mengakomodasi ombak yang tidak terlalu besar sehingga tidak berbahaya bagi anda.

Leave a Reply