Home > Unik > Fakta Unik Pulau Kalimantan Yang Wajib Anda Ketahui

Fakta Unik Pulau Kalimantan Yang Wajib Anda Ketahui

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau yang tentu saja di dalamnya terdapat banyak kekayaan bumi. Salah satu wilayah yang ada di Indonesia adalah pulau Kalimantan. Pulau ini juga terkenal dengan sebutan lain yaitu Borneo. Pulau kalimantan ini adalah pulau yang sangat besar yang ada di Asia Tenggara. Kalimantan merupakan pulau yang di apit oleh dua pulau lainnya yaitu pulau Jawa dan pulau Sulawesi. Untuk anda yang pernah mengunjungi tempat ini maka tentu saja anda tahu bahwa disini terdapat banyak tempat wisata yang sangat mengagumkan. Tahukah anda bahwa di tempat ini terdapat beberapa fakta unik? Keunikan pulau Kalimantan tersebut terletak dalam segala aspek yang tentu saja tidak dimiliki oleh semua pulau. Ulasan pada kali ini akan membahas tentang fakta unik pulau Kalimantan. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Pulau Terbesar Di Dunia ‘Ke 3’

Fakta unik pulau kalimantan yang pertama yaitu pulau kalimantan ini merupakan pulau terbesar yang ada di dunia yaitu mendapatkan urutan ke 3 dari segala pulau yang ada di dunia. Pulau kalimantan ini memiliki ukuran luas mencapai 743.330 km persegi. Tidak ada yang menyangka bahwa pulau yang sangat kaya ini mendapat urutan ke 3 setelah greenland dari negara Denmark yang menjadi urutan pertamanya dan pulau Papua yang menjadi urutan keduanya.

Memiliki Nama Lain ‘Borneo’

Dan fakta unik lainnya yang dimiliki oleh pulau kalimantan ini yaitu pulau ini memiliki nama lain atau sebutan lain sebagai Borneo. Nama ini sering disebutkan ketika masih berada pada jaman penjajahan dimana Inggris dan juga Belanda menggunakan nama Borneo ini untuk pulau kalimantan tersebut. Namun kaum pribumi lebih suka menyebutnya dengan nama Kalimantan.

Memiliki Julukan ‘Pulau Seribu Sungai’

Kemudian untuk fakta unik tentang Kalimantan yang ketiga yaitu pulau ini memiliki julukan sebagai pulau seribu sungai. Pada pulau ini terdapat banyak sungai yang mengalir sehingga membuat pulau ini mendapatkan julukan tersebut. Tentu saja jumlah sungai terbanyak di Indonesia memang terdapat di pulau ini.

Memiliki Banyak Hewan Dan Buah Endemik

Fakta unik yang keempat mengenai pulau kalimantan ini yaitu pada pulau ini terdapat banyak hewan serta buah endemik. Hutan yang terdapat di pulau ini merupakan habitat alami terutama bagi hewan seperti orang utan, gajah borneo, bekantan, badak borneo, rusa, tapir, landak dan beberapa sepesies lainnya yang sudah masuk dalam kategori punah. Kemudian juga terdapat buah langka endemik yang merupakan buah khas kalimantan.

Memiliki Banyak Hutan Tropis

Fakta unik yang kelima mengenai pulau kalimantan ini yaitu di pulau ini terdapat banyak hutan tropis. Juga telah disinyalir bahwa di pulau ini terdapat hutan hujan tropis yang usianya paling tua yang ada di dunia yaitu hingga berusia sekitar 130 juta tahun.

Dikuasai Oleh 3 Negara

Fakta unik lainnya mengenai pulau kalimantan ini yaitu ternyata pulau ini di kuasai oleh 3 negara yaitu secara administratif. Adapun beberapa negara tersebut yaitu Indonesia sendiri kemudian malaysia dan juga brunei darussalam.

Aman Dari Gempa

Dan untuk fakta unik yang terakhir dari pulau ini yaitu pulau kalimantan merupakan pulau yang paling aman terhadap gempa jika dibandingkan dengan beberapa pulau yang ada di Indonesia. Palau kalimantan ini hanya berdekatan dengan lempeng gempa yang tepatnya berada di bagian selat makassar. Oleh karena itu potensi gempa yang ada di pulau ini sangatlah kecil. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari fakta unik pulau kalimantan.

Fakta unik pulau kalimantan sangat banyak sekali dan ulasan di atas tersebut telah memberikan beberapa fakta unik yang bersangkutan dengan pulau kalimantan atau pulau yang disebut dengan nama borneo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *