Fakta dan Legenda Mengenai Zombie

Sobat mistis tanahnusantara pasti pernah dong menonton film dengan tema zombie? Dari mulai zombie apocalypse, walking dead sampai world war z. Ketika menonton film-film itu mungkin kalian gak terlalu memikirkan apakah zombie itu nyata kan, yang paling penting adalah filmnya seru untuk ditonton. Namun kamu juga harus tau nih beberapa fakta tentang zombie mulai dari legendanya sampai fakta-fakta singkat mengenai makhluk menyeramkan ini.

Legenda Zombie di Dunia

Fakta tentang zombie ini kami awali dengan legenda atau awal mula kemunculan makhluk ini. Zombie awalnya muncul dari pulau Haiti di Karibia. Zombie ini adalah perwujudan orang-orang yang hampir mati lalu dibangkitkan kembali oleh para pendeta/dukun voodoo (ilmu gaib yang tentunya menggunakan mantera-mantera). Para zombie ini digunakan sebagai budak, mereka bisa berbicara, mendengar dan makan namun tidak memiliki ingatan dan wawasan.

Pada tahun 1980, sebuah kasus berhasil didokumentasikan. Tahun 1962 di Haiti, seorang pria bernama Claivirius Narcisse dijual kepada salah satu dukun voodoo oleh saudaranya karena menolak menjual tanah warisan keluarga. Clavirius dibuat meninggal dan dikubur, namun dia tidak benar-benar mati dan justru dibuat menjadi zombie. Dia dipekerjakan di perkebunan tebu bersama zombie lain. Tahun 1964, pemilik kebun tebu meninggal, para zombie itu menyebar selama kurang lebih 16 tahun sebelum mereka tertangkap.

Seorang ahli etnobiologi, Dr. Wade Davis memutuskan untuk pergi ke Haiti untuk mencari tahu fakta tentang zombie. Disana dia menemui dukun voodoo yang memang mempraktekan cara pembuatan zombie. Cara membuat orang mati adalah dengan menggunakan campuran kulit katak atau ikan puffer, campuran ini biasanya ditambahkan pada makanan atau dioleskan pada kulit (terutama pada bagian kulit yang lembut). Kemudian orang yang diberikan zat tersebut akan terlihat seperti mati. Padahal mereka masih hidup dan lalu dikuburkan.

Para dukun voodoo ini menunggu beberapa jam untuk menggali kuburan dan mengambil jasadnya. Lalu orang tersebut dibuat gila dengan memaksa mereka untuk memakan sejenis pasta yang terbuat dari datura (rumput jimsons). Datura ini bisa memutus hubungan antara realitas dengan pikiran dan menghancurkan ingatan. Setelah mengkonsumsi ini, mereka akan linglung bahkan tidak mengenal diri mereka sendiri. Lalu para zombie bisa dijual dan dijadikan budak, mereka juga akan diberikan datura lagi jika terlihat sudah mulai pulih.

Baca juga :

Inilah 40 Film Zombie Terbaik Paling Seru di Dunia dan Wajib di Tonton

Beberapa Fakta Mengenai Zombie

Selain legenda yang melatarbelakangi hadirnya zombie, kali ini kami juga akan membahas mengenai beberapa fakta tentang zombie untuk kalian sobat mistis tanahnusantara. Beberapa fakta mengenai zombie ini adalah:

  1. 8 Oktober ditetapkan sebagai World Zombie Day, menurut buku Nathan Robert Brown.
  2. Dalam kasus wabah zombie, ada tempat yang disebut ‘hot spot’ tempat ini merupakan tempat strategis untuk menyebarkan wabah, yaitu di rumah sakit, mall atau departement store.
  3. Jika ada pertarungan zombie vs vampire, kemungkinan besar yang menang adalah vampire. Karena vampire kuat, cepat dan sulit dibunuh. Sedangkan zombie lambat dan bodoh.
  4. Salah satu jenis narkoba ada yang bisa membuat si pemakai menjadi seperti zombie, yaitu Flakka.
  5. Australia, Kanada, Amerika Serikat, Rusia dan Kazakhstan dinobatkan menjadi 5 negara paling aman ketika wabah zombie menyerang.
  6. Bela Lugosi adalah aktor yang menjadi zombie pertama kali menjadi zombie. Dia dibayar 800 dolar dan menjadi bayaran tertinggi dalam filmnya.
  7. Fakta tentang zombie yang terakhir, zombie adalah perwakilan yang tergelap dan terendah dalam kondisi manusia. Ketakutan manusia tentang zombie hanya berasal dari rasa takut manusia mengenai kekacauan dan kekuatan asing.
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *