Daftar Wisata Medan Yang Wajib Dikunjungi

Pesona obyek wisata yang ada di kota Medan terletak di sejumlah landmark yang sarat dengan nilai sejarah. Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, salah satu kawasan yang mempunyai warisan alam paling memikat bahkan hingga ke mancanegara. Wisata medan yang sangat memikat tersebut salah satunya danau toba, sebuah danau vulkanis yang terbentuk akibat dari letusan gunung tua ribuan tahun silam. Danau toba juga merupakan danau yang terbesar yang ada di Indonesia dan menempati nomor urut dua setelah Danau Victoria yang ada di Afrika. Danau yang satu ini merupakan ikon obyek wisata yang ada di Sumatera Utara bersama dengan beberapa landmark yang tak kalah memikat lainnya.

Medan merupakan salah satu kota metropolitan besar yang ada di Indonesia, tepatnya menempati urutan ke-3 sesudah Jakarta dan Surabaya. Medan adalah kota yang dihuni oleh beragam etnis dengan kebudayaannya yang berbeda-beda. Dibandingkan dengan Jakarta dan Surabaya, Kota Medan tidak jauh berbeda khususnya dari segi demografi yang cukup heterogen. Kondisi infrastruktur di kota ini yang semakin hari semakin modern tentunya memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap tempat wisata populer medan secara holistik. Ketika berkunjung ke Medan, tak ada salahnya jika anda mengunjungi beberapa obyek wisata yang ada disana. Berikut adalah rekomendasi yang bisa anda kunjungi.

Nama-nama wisata medan yang terkenal dan menarik

  • Taman bermain Hillpark Sibolangit

Taman yang satu ini merupakan taman bermain yang terbesar di Sumatera Utara. Obyek wisata ini terletak dalam kontur wilayah pegunungan dan berjarak kira-kira satu jam perjalanan dari kota Medan. Hamparan perbukitan yang hijau merupakan daya tarik lain di wisata medan yang satu ini selain udaranya yang bersih dan juga sejuk. Karena hal inilah tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga terfavorit yang ada di Sumatera Utara. Taman ini mempunyai konsep yang tidak jauh berbeda dengan trans studi yang ada di Makassar dan Bandung atau Dufan yang ada di Jakarta. Di Hillpark Sibolangit, terdapat tiga tema besar yang meliputi heritage, toon town, dan lost city. Beberapa wahana yang disediakan antara lain ferries wheel atau kincir raksasa, roller coaster atau gelegar, 4D theatre, dan juga amphiteathre yang berkapasitas hingga 1,200 untuk konser dan juga pertunjukan.

  • Penangkaran buaya Asam Kumbang

Di tempat ini terdapat ribuan buaya dengan beragam usia yang ditangkar dalam kandang yang berbeda-beda. Tempat wisata unik medan yang satu ini ada di Desa Asam Kumbang. Penangkaran buaya ini dikelola oleh sebuah keluarga yang memanfaatkan halaman di belakang rumah sebagai tempat penangkaran yang semula hanya tempat penangkaran biasa akhirnya bertransformasi menjadi penangkaran buaya yang cukup besar dan mampu menampung hingga sekitar 2.600 buaya yang sebagian besar merupakan spesies buaya muara. Saat ini, tempat penangkaran tersebut adalah yang terbesar di dunia yang disusul oleh penangkaran Madras Crocodile Bank Trust yang ada di Tamil Nadu, India.

  • Masjid Raya Al Mahsum

Berada di jantung kota Medan, masjid yang satu ini juga dikenal sebagai Masjid Raya Medan yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Masjid ini pertama kali dibangun pada 21 Agustus 1906. Secara arsitektural, bangunan dari masjid ini mengadopsi corak banguna campuran Eropa, Timur Tengah, Melayu, dan Maroko. Bangunan masjid ini juga sangat unik dengan adanya rancangan yang berbentuk bundar segi 8 dan mempunyai 4 serambi utama di bagian belakang, depan, serta samping kanan dan kiri. Keempat serambi tersebut juga menjadi pintu utama untuk masuk ke masjid. Jika anda berkunjung ke kota Medan dan ingin mendirikan sholat serta beristirahat sejenak, cobalah untuk mengunjungi wisata medan yang satu ini.

Leave a Reply