Sunday, October 24, 2021
Home > Mistis > Cerita Misteri di Benteng Vredeburg

Cerita Misteri di Benteng Vredeburg

Bila berbicara mengenai cerita misteri, memang sebagian besar rakyat Indonesia masih sangat mempercayai hal-hal semacam itu. Dan juga percaya bila di semua tempat pasti memiliki penghuni, tetapi ada yang mengganggu dan ada pula yang tidak. Terdapat banyak sekali tempat-tempat yang dianggap angker karena sering terjadi penampakan, bila di Yogyakarta sendiri salah satu tempat tersebut adalah Benteng Vredeburg. Banyak kesaksian yang menyebutkan tentang cerita misteri di Benteng Vredeburg ini, bila anda penasaran simaklah informasi berikut ini.

Benteng Vredeburg merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1767 yang saat ini dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Dulunya benteng ini merupakan pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda dengan menara pantau (bastion) di setiap sudutnya. Pada waktu itu benteng ini difungsikan sebagai benteng strategi, intimidasi, penyerangan serta blokade. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Belanda sebab mereka khawatir akan kemajuan yang dialami oleh Keraton Yogyakarta sehingga dengan segala tipu muslihat akhirnya diijinkan untuk membuat sebuah benteng di dekat kraton. Selain itu hal ini juga dimaksudkan untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu Sultan beralih haluan dan memusuhi pemerintah Belanda.

Berbeda lagi ketika Indonesia dikuasai oleh pemerintah Jepang, benteng ini difungsikan sebagai markas Kempeitei (tentara Jepang yang terkenal keras dan kejam), gudang mesiu dan rumah tahanan bagi orang Indo Belanda, politisi RI dan juga orang Belanda yang menentang pemerintah Jepang. Benteng ini juga pernah berganti nama, dulunya bernama Rustenberg yang berarti ‘peristirahatan’ kemudian setelah terjadi gempa dan dilakukan pembenahan ulang namanya pun ikut berganti menjadi Vredeburg yang berarti ‘perdamaian’. Nah lalu kisah mistis seperti apa yang ada di benteng Vredeburg ini? Berikut ceritanya untuk anda.

Cerita misteri yang ada di Benteng Vredeburg

Kisah-kisah mistik di Benteng Vredeburg yang akan disampaikan berikut ini merupakan beberapa pengalaman yang dialami oleh warga sekitar berupa penampakan yang tidak bisa dicerna dengan akal sehat. Yang pertama adalah pengalaman yang dialami oleh seorang warga yang beralamat tinggal di Pakualaman Yogyakarta, saat itu ia tengah menjaga salah satu stand pameran yang diselenggarakan di tempat ini. Namun ia mengalami hal yang tak mengenakkan, saat dini hari ia mendengar suara-suara aneh dari sekitar bangunan Benteng Vredeburg suara itu seperti derap kaki orang-orang yang sedang berbaris yang dibarengi dengan aba-aba menggunakan bahasa Belanda kemudian suara itu semakin mendekat dan mendekat hingga ke tempat dimana ia berjaga. Setelah itu ia melihat rombongan pasukan serdadu namun tidak berkepala, anehnya lagi yang melihat dan mendengar hal-hal tak masuk di akal itu hanya dirinya sendiri karena orang yang menjaga stand lain sama sekali tidak mengalami hal aneh apapun.

Cerita misteri yang ada di Benteng Vredeburg lainnya adalah penampakan seorang noni-noni Belanda yang berkaki kuda. Kejadian ini pernah dialami oleh seorang tukang becak, saat itu telah dini hari ia sedang mengayuh becaknya dengan perlahan. Kemudian ia melihat sesosok wanita cantik dengan gaun panjang dari arah gerbang benteng saat ia mencoba menawarkan jasa becak ia terkaget-kaget ketika gaunnya disibakkan dan melihat bahwa kaki wanita itu seperti kaki kuda. Bagaimana bila anda yang menjadi tukang becak tersebut, sangat menyeramkan bukan?

Nah itulah beberapa cerita misteri yang ada di Benteng Vredeburg, sebaiknya bila tidak ingin mengalami hal semacam itu jangan keluar rumah pada jam-jam yang tidak wajar ya. Dan juga tidak kalah pentingnya untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan YME agar setiap langkah kita mendapatkan perlindungan dari-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *