Home > Mistis > Cerita Misteri di Balik Bangunan Kuno Lawang Sewu

Cerita Misteri di Balik Bangunan Kuno Lawang Sewu

Traveling pada zaman ini memang sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, karena dengan traveling dapat menyegarkan pikiran yang lelah disebabkan oleh berbagai macam kegiatan. Untuk itu traveling dibutuhkan untuk membuat pikiran agar menjadi lebih segar, bagi Anda yang hobi traveling pasti tidak akan asing dengan Lawang Sewu. Ya, bangunan kuno yang memiliki banyak catatan sejarah itu kini memang menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang. Namun dibalik bangunan kuno itu tersimpan pula cerita misteri yang dapat membuat Anda merinding seketika.

Seperti yang kita tahu bahwa pada hakikatnya semua tempat memang memiliki cerita tersendiri, tak terlepas dari itu salah satunya adalah cerita ghaib yang terselip di dalamnya. Bahkan cerita tersebut seringnya beredar dari mulut ke mulut yang awet dari generasi ke generasi. Lawang Sewu yang merupakan bangunan kuno yang dulunya difungsikan sebagai gedung pemerintahan Jepang dan BelAnda ini pun tak lepas dari cerita-cerita tersebut, mungkin bukan menjadi hal yang mengherankan karena pada zaman dahulu bangunan ini memang menjadi tempat eksekusi kekejaman penjajah.

Cerita Misteri Lawang Sewu yang Berdarah

Lawang Sewu yang berlokasi di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang, Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu bangunan historis di Indonesia. Lawang Sewu sendiri sebenarnya berarti “pintu seribu” dalam bahasa Jawa, hal ini dikarenakan arsitektur bangunan memang dipenuhi oleh jendela-jendela tinggi dan lebar yang mana oleh masyarakat awam diasumsikan sebagai sebuah pintu. Karena itulah bangunan ini terlihat memiliki banyak pintu, yang sejatinya adalah jendela. Jumlah jendela atau pintu di bangunan kuno ini pun tidak berjumlah seribu seperti namanya, sebab pada kenyataannya jumlahnya tidak mencapai seribu.

Lawang Sewu memang mempunyai gaya arsitektur yang sangat apik, ketika Anda berkunjung ke tempat ini tentunya Anda tidak akan bisa menahan hasrat untuk mengambil foto di bangunan unik ini. Karena Lawang Sewu pada siang hari sama sekali tidak terlihat bahwa bangunan kuno ini ternyata mempunyai kisah-kisah yang mengerikan dibaliknya. Nah berikut ini adalah beberapa cerita misteri yang ada di Lawang Sewu.

  1. Penampakan seorang wanita

Di Lawang Sewu ini memang banyak beredar kabar bahwa seringnya terjadi penampakan oleh seorang wanita yang berpakaian layaknya noni-noni BelAnda. Hal ini diperkuat dengan tayangan sebuah acara TV swasta yang menayangkan kegiatan uji nyali dan terdapat sekelabat bayangan wanita yang diduga adalah penampakan noni BelAnda. Penampakan ini sering terjadi di lorong-lorong bangunan, selain penampakan konon katanya sering juga terdengar teriakan-teriakan seorang wanita di salah satu tempat bersejarah di Semarang ini. Bila ditelaah lebih lanjut mungkin hal ini ada hubungannya dengan masa lalu yang mana pada zaman dulu bangunan ini memang merupakan bangunan yang difungsikan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) oleh pihak BelAnda. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila hal itu terjadi dan memiliki kaitan dengan masa lalu.

  1. Bau darah yang menyeruak

Hal aneh lainnya yang terjadi di bangunan kuno ini adalah adanya bau aneh seperti darah yang tercium di daerah penjara berdiri. Orang-orang yang berkunjung mengatakan bahwa bila berkunjung ke penjara berdiri ini mereka akan dapat mencium bau darah. Bila dihubungkan dengan masa aku hal ini bisa saja benar karena konon dulunya penjara berdiri merupakan penjara yang digunakan oleh penjajah untuk menyiksa kaum pribumi. Mereka di masukkan ke dalam penjara tersebut dan dibiarkan hingga meninggal. Namun apabila ada yang masih hidup maka akan di hukum pancung.

  1. Teriakan di sumur tua

Selain dua tragedi di atas ada juga hal mistis lainnya yaitu berupa teriakan di sebuah sumur yang terletak di halaman gedung. Menurut cerita sering terdengar teriakan-teriakan orang-orang dewasa baik wanita maupun pria yang menjerit dan menangis. Sangat menyeramkan bukan?

Demikian beberapa cerita misteri yang ada di Lawang Sewu, terlepas dari itu semua alangkah baiknya bila kita selalu mendekatkan diri pada Tuhan YME agar setiap perbuatan dan langkah yang kita ambil dilindungi oleh-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *