Candi Ratu Boko : Situs Sejarah dan Tempat Menikmati Sunset di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Berbicara mengenai tempat wisata, Jogja seperti surganya tempat wisata. Ragam tempat wisata terdapat di kota pelajar ini. mulai dari wisata alam seperti pantai, bukit hingga tempat-tempat menarik lainnya, Jogja juga menyimpang segudang situs wisata sejarah yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi juga. Salah satu situs sejarah yang memiliki pesona alam yang indah serta cerita yang menarik yakni Candi Ratu Boko. Candi ini merupakan salah satu candi yang menyimpan sejarah unik serta tempat yang indah.

Tempatnya yang tidak jauh dari candi Prambanan, membuat para wisatawan lebih mudah menemukan tempat ini.Ditambah keindahan sunset serta sejarahnya yang unik maka tidak mengherankan jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Jogja. Nah, untuk kalian sobat traveling yang sedang memiliki rencana berlibur ke Jogja dalam waktu dekat ini maka Candi Ratu Boko wajib masuk dalam daftar tempat yang wajib sobat traveling kunjungi. Nah untuk mengetahui informasi Candi Ratu Boko secara lebih lengkap, yuk simak artikel berikut ini. Happy reading sobat traveling.

Alasan wajib mengunjungi Ratu Boko

  1. Sejarah Candi Ratu Boko

Setiap tempat tentu memiliki sejarah yang unik, begitu pula dengan Candi Ratu Boko ini. Candi Ratu Boko atau yang sering disebut dengan Ratu Baka ini merupakan nama yang diberikan kepada bentuk bangunan ini sendiri. Ratu Baka merupakan ayah dari Ratu Roro Jongrang. Dalam sumber lain dijelaskan bahwa candi Ratu Boko merupakan Candi dari Prasasti Abhayagiri Wihara tahun 792 M yang berada di situs Ratu Boko. Dalam prasasti tersebut dijelaskan bahwa tokoh bernama Tejahpurnapane Panamkarana atau yang disebut dengan Rakai Panangkaran. Nah pada sejarah Ratu Boko ini disebutkan bahwa Rakai Panangkaran sengaja mendirikan wihara yang diberi nama Abhayagiri Wihara untuk melakukan ritual kerohanian hingga akhirnya ia mengundurkan diri sebagai Raja.

  1. Kompleks Candi Yang Sangat Luas

Perlu sobat traveling ketahui bahwa Ratu Boko ini bukan hanya sekedar bangunan candi saja, melainkan tempat ini adalah bekas istana yang sangat luas. Ukuran tempatnya juga sangat luas, yakni hampir 250.000 meter persegi. Candi ini juga terbagi atas empat bagian, yakni bagian tengah, barat, timur serta tenggara. Untuk informasi lengkapnya sobat juga melihat pada papan informasi yang terdapat pada pintu utama.

  1. Harga tiket yang terjangkau

Untuk menikmati keindahan serta sejarah yang unik maka sobat cukup mengeluarkan budget sebesar Rp 25.000 rupiah sudah termasuk parkir. Harga yang cukup terjangkau dengan keindahan yang tiada duanya. Namun apabila sobat menginginkan paket untuk melihat sunset sobat cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000 rupiah. Harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan tiket regular. Namun harga yang mahal tersebut juga sepadan dengan keindahan sunset yang akan sobat dapatkan.

  1. Tempat terbaik menikmati sunset di Jogja

Jika sobat menginginkan tempat untuk menikamati sunset di Jogja maka Ru Boko adalah pilihan yang tepat. dengan lokasi yang berada di perbukitan maka sangat memungkinkan bagi sobat untuk melihat sunset serta melihat keindahan kota Jogja dari atas ketinggian. Sunsetnya juga sangat pas untuk menghabiskan sore hari di kota Jogja. Jadi setelah sobat keliling-keliling Jogja maka sobat bisa menghabiskan waktu sore hari sobat dengan menikmati sunset di pelataran Candi Ratu Boko.

Dengan berbagai keindahan, sejarah unik serta tempat menikmati sunset yang pas, maka Candi Ratu Boko wajib masuk dalam daftar tempat yang wajib sobat kunjungi ketika berlibur ke Jogja. Semoga ulasan ini dapat membantu sobat menemukan tempat wisata yang pas ketika berkunjung ke Jogja. Salam traveller.

Leave a Reply