Home > Unik > Burung Unik Asli Indonesia Yang Mulai Langka

Burung Unik Asli Indonesia Yang Mulai Langka

Ada banyak jenis burung yang bisa kita temukan di wilayah indonesia yang banyak terdapat hutan. Hutan adalah tempat atau habitat alami dari banyak satwa liar yang telah di ciptakan oleh Tuhan. Para pecinta burung, sangat menyukai burung dengan suara yang unik. Sehingga banyak perburuan liar yang membahayakan polulasi burung yang ada di Indonesia. Saat ini, pemerintah telah melakukan perlindungan kepada banyak burung yang sudah terancam punah. Indonesia memiliki banyak burung yang cantik dan unik. Mengetahui jenis burung yang ada di hutan bisa membantu untuk menjaganya. Burung unik asli Indonesia tentunya dilindungi undang undang karena banyak diburu oleh para pemburu liar.

Burung unik asli Indonesia ada banyak yang masih tersisa namun dari setiap. Jenisnya hanya tinggal beberapa saja. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, populasi burung semakin menurun. Perburuan liar semakin marak karena banyak burung yang dijual secara ilegal untuk dijadikan sebagai burung peliharaan. Memelihara burung sebenarnya tidak dianjurkan karena bisa membuat burung tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk berkembang biak di alam bebas. Burung yang hidup di dalam sangkar juga akan lebih rentan stress sehingga banyak yang mati. Berikut ini adalah beberapa burung unik yang baiknya kita jaga dan lestarikan agar tetap ada hingga kapanpun.

  1. Burung tokhtor sumatra

Burung ini sangat unik karena lebih banyak hidup di permukaan tanah. Selain unik, burung ini juga menjadi salah satu burung asli Indonesia yang terancam  punah. Burung ini memiliki bentuk seperti bebek namun memiliki warna yang berwarna warni dengan dominasi warna hijau. Ukuran burung ini bisa mencapai panjang hingga lebih dari setengah meter. Burung unik asli dari wilayah Indonesia ini harus dijaga agar tetap lestari dan tidak punah akibat perburuan atau karena mangsa.

  1. Burung kedasi atau wiwik

Burung wiwik adalah salah satu jenis burung yang unik karena suaranya yang keras melenging dan cukup menyeramkan jika didengarkan ketika suasana sedang sepi. Burung ini menjadi salah satu burung unik asli Indonesia karena banyak orang percaya jika burung ini bisa menjadi pertanda bahwa akan ada orang yang meninggal. Jika terdapat suara burung ini terdengar begitu keras di sebuah kebun di perkampungan maka orang akan banyak yang percaya bahwa akan ada seseorang yang meninggal.

  1. Burung cililin

Burung cililin adalah jenis burung yang bisa di jumpai di wilayah hutan sumatra, kalimatan, jawa dan sumbawa. Burung ini terbilang unik karena memiliki suara yang ngerol. Bentuk dari burung ini juga sangat cantik karena memiliki jambul yang tinggi seperti antena sehingga terlihat seperti anak punk yang senang ngerock n roll. Sebagai salah satu burung unik asli dari Indonesia, kita harus menjaga dan juga ikut melestarikan keberadaannya dan jangan sembarangan memburu burung jenis ini.

  1. Burung cenderawasih

Masyarakat Indonesia harus bangga dengan adanya burung cedrawasih. Burung ini adalah burung asli Indonesia yang banyak ditemukan di wilayah papua. Burung ini telah dinobatkan sebagai burung tercantik di dunia karena memiliki bulu yang sangat cantik dan juga unik. Keunikan burung ini ada pada bulunya yang penuh dengan warna serta memiliki pita panjang seperti tali atau antena di ekornya. Burung ini begitu cantik sehingga bisa memukau siapa saja yang melihatnya. Anda bisa melihat langsung burung unik asli Indonesia yang satu ini dengan datang ke papua namun jangan sampai tertarik untuk menangkapnya karena burung ini adalah burung yang sangat dilindungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *