Home > Travelling > Jawa > Bukit Panguk Kediwung, Pesona Negeri Kahyangan di Yogyakarta

Bukit Panguk Kediwung, Pesona Negeri Kahyangan di Yogyakarta

Baru-baru ini, Yogyakarta sekarang menjadi destinasi utama untuk berwisata. Banyak muncul berbagai wisata baru di Yogyakarta yang tentunya menarik perhatian para pelancong dan traveler. Dari berbagai tempat tersebut, salah satu tempat yang menarik banyak perhatian pengunjung adalah bukit panguk kediwung. Tempat ini merupakan daerah perbukitan di area Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Daerah Dlingo ini memang dikenal sebagai dataran tinggi di Yogyakarta. Salah satu pesona yang sering disebut di tempat ini adalah pesona negeri kahyangan. Mengapa bisa begitu?

Pesona Bukit Panguk Kediwung

Bukit ini merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Tempat ini memiliki pesona yang indah yaitu pemandangan pegunungan lain dengan gugusan pegunungan daerah Gunung Kidul yang mempesona. Tempat ini disebut juga sebagai kahyangan karena jika musim kabut tiba, bagian bawah tempat ini akan diselimuti oleh kabut sehingga seakan-akan, tempat ini berada di atas awan sehingga seperti perumpamaan kahyangan yang berada diatas awan. Udaranya sangat segar dan tentunya sejuk dan cocok untuk melepas penat.

Pesona lain yang banyak ditunggu para pengunjung di bukit panguk kediwung adalah pesona sunrisenya. Sebelum adanya tempat wisata ini, spot untuk menikmati sunrise di daerah Bantul, Yogyakarta belum ada yang spesial. Di tempat ini, karena lokasinya yang tinggi, anda bisa menikmati panorama sunrise yang memukau. Untuk menikmati panorama sunrise ini, anda tentunya harus datang sebelum fajar menyingsing. Anda harus tahu jam berapa matahari mulai terbit dan kemudian, anda rencanakan waktu keberangkatan anda. Banyak sekali pelancong yang mengejar sunrise di tempat ini akan datang sebelum subuh sehingga mereka tidak akan terlambat menikmati sunrise ini.

Selain panorama tersebut, ada hal lain yang menarik dari wisata jogja ini. Hal yang menarik adalah gardu pandang buatan pengelola tempat ini. Kreatifitas dari pengelola juga merupakan daya tarik bagi tempat ini. Di bukit ini, gardu pandang diletakkan di pinggir jurang karena di bawah bukit ini terdapat aliran sungai Oya yang besar. Jadi pemandangan menakjubkan alur sungai pun juga terlihat dari atas. Anda juga harus berhati-hati ketika menaiki gardu pandang karena di depan anda merupakan jurang yang dalam.

Bentuk dari gardu pandang di wisata menarik Yogyakarta ini juga tidak kalah menariknya. Biasanya, anda akan mendapati gardu pandang yang berupa panggung saja. Namun, di bukit ini, anda akan mendapati panggung dengan berbagai bentuk unik seperti bentuk Pegasus, sebuah kuda bersayap, bentuk kapal kertas, bentuk bunga teratai, bentuk love, dan masih banyak lagi. Tentunya pemandangan tersebut menjadi salah satu ciri khas tempat ini yang membuat para pelancong dan pengunjung ingin cepat-cepat datang kesini. Di sekitar tempat ini juga terdapat berbagai penjaja makanan sehingga anda tidak perlu takut ketika anda berangkat pagi dan belum makan. Warga sekitar banyak yang membuka toko untuk sarapan di area ini dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat ini ya agar semua nyaman.

Anda tentu akan mendapatkan pengalaman piknik yang tak terlupakan dengan berkunjung ke bukit panguk kediwung ini. Tempat ini menyajikan pelepas penat yang sangat hebat. Jalan menuju tempat ini kebetulan juga sudah bagus sehingga anda tidak perlu khawatir. Anda hanya akan menemui tanjakan namun tanjakan tersebut juga tidak terlalu tinggi dan masih bersahabat dengan kendaraan kita. Jangan lupa berkunjung ke tempat ini ketika anda singgah ke Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *