Home > Kuliner > Berwisata Kuliner Makanan Khas Mataram, Daftar Menu Wajib untuk Disantap

Berwisata Kuliner Makanan Khas Mataram, Daftar Menu Wajib untuk Disantap

Belum lengkap rasanya bila belum mencicipi masakan kuliner khas daerah ketika berkunjung ke tempat tersebut termasuk mencoba mencicipi cita rasa kuliner Mataram. Mataram yang berada di wilayah Lombok ini menyajikan beragam jenis makanan khas yang memiliki rasa yang unik dengan perpaduan bumbu yang lezat dan sedap. Kebanyakan menu masakan khas yang disajikan hanya bisa Anda dapatkan di sini. Kira – kira masakan apa sajakah yang wajib mesti masuk dalam daftar wajib wisata kuliner Anda? Berikut ini adalah ulasan singkat yang akan membimbing Anda.

  1. Sate Bulayak

Sate bulayak ini adalah menu utama yang harus Anda cicipi ketika tengah berkunjung ke Lombok. Sate ini nampak unik dengan kehadiran Bulayak yang mirip dengan ketupat. Hal yang membedakan adalah bentuk Bulayak yang bulat dan memanjang dan dibungkus dengan daun khas yakni daun aren. Selain itu, bumbu dari sate ini juga nampak unik dan sedap karena diracik dengan tambahan santan yang kental, dipadukan dengan kemiri sehingga menawarkan rasa dengan aroma yang begitu menggugah selera. Anda patut mencicipi makanan khas ini. Hanya dengan berkunjung ke sepanjang jalan Udayana yang berada di kota Mataram atau dengan mengunjungi Pantai Senggigi di wilayah barat Anda akan bisa menemukan kuliner ini dengan mudah.

  1. Sate Tanjung

Berbicara tentang kuliner Mataram memang tidak ada ujungnya. Beragam jenis masakan ditawarkan dengan aneka rasa yang nikmat dan lezat. Salah satu jenis menu favorit yang kaya rasa dan inovasi adalah sate. Menu masakan sate di wilayah ini terbuat dari berbagai bahan yang beragam mulai dari ayam, sapi, bahkan hingga ikan. Tentunya akan menjadi pengalaman yang berkesan dan unik bila Anda dapat mencicipi menu masakan yang satu ini. Adalah sate Tanjung menu yang wajib yang perlu Anda cicipi. Kuliner sate ini terbuat dari bahan yang tidak biasa karena dibuat dengan bahan utama ikan. Bumbu yang digunakan juga tidak biasa karena menggunakan paduan pedas dan manis. Menu ini disajikan lengkap dengan lontong, urap sayur, dan pelecing kangkung. Anda bisa menemukan menu ini di wilayah Lombok Utara.

  1. Sate Rembige

Lombok memang tempat wisata yang menyajikan kemewahan tak terduga bahkan dari segi kuliner. Karena di sini Anda akan menemukan beragam jenis menu makanan yang dibuat dengan bumbu lezat. Di kota ini pula Anda akan bisa menemukan beragam jenis masakan yang dibuat menjadi sate yang berasal dari beragam bahan termasuk sate Rembige. Sate ini menawarkan tiga pilihan menu yang diolah dengan bumbu yang lezat dengan aroma dan rasa yang kuat. Anda bisa memilih sate hati sapi, sate daging, dan sate pusut yang disajikan dengan lontong. Paduan menu sate yang dibakar dengan bumbu khas serta lontong membuat wisata Anda seakan terasa lengkap. Menu masakan ini bisa Anda dapatkan dimanapun termasuk di tempat makan romantis di Lombok.

  1. Ayam Taliwang

Menemukan masakan khas Lombok akan bisa dengan mudah Anda temukan dengan mengunjungi tempat nongkrong di Mataram. Di situ Anda akan mendapatkan berbagai macam kuliner dengan beragam menu yang menggugah selera. Salah satu masakan khas yang wajib Anda coba adalah Ayam Taliwang. Bisa dibilang menu masakan ini adalah menu yang terpopuler dan favorit yang selalu dicari oleh para turis dan pelancong yang tengah berkunjung ke Lombok. Ayam ini sajikan secara utuh yang dibumbui dengan bumbu khas yang terasa lezat. Anda bisa memesan dua jenis penyajian ayam yakni dengan cara dibakar dan digoreng. Keduanya menawarkan cita rasa yang berbeda yang kesemuanya musti Anda coba. Itulah beberapa menu utama kuliner Mataram yang wajib Anda coba.

One thought on “Berwisata Kuliner Makanan Khas Mataram, Daftar Menu Wajib untuk Disantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *