Beberapa Mitos Terkait Nyi Roro Kidul yang Wajib Anda Ketahui

Siapa yang belum pernah mendengar kisah mengenai nyi roro kidul? Ya, kisah ini adalah salah satu legenda dan mitos yang sangat terkenal dalam masyarakat Jawa, khususnya masyarakat Yogyakarta. Tentu saja, kisah yang ada adalah kisah yang secara turun temurun di ceritakan oleh orang-orang dari lintas generasi. Kisah yang di ceritakan berulang tersebut menjadikan kisah ini dianggap suatu kebenaran yang patut untuk di imani dan di percayai. Ada beberapa mitos menarik dari tokoh yang satu ini. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

Penguasa Laut Selatan

Jika anda bertanya pada beberapa orang terkait dengan legenda nyi roro kidul, pasti akan banyak orang yang mengatakan bahwa ia adalah penguasa laut selatan. Mitos ini sudah banyak sekali beredar dan menjadi sebuah kepercayaan yang mengakar dan mendarah daging di kalangan masyarakat terutama masyarakat di Yogyakarta. Oleh karena itu, tidak sedikit yang menjelaskan bahwa adanya beberapa kejadian yang merenggut nyawa, seperti beberapa orang yang tenggelam di pantai parangtritis adalah karena campur tangan dari si penguasa tersebut.

Mitos yang berkembang di masyarakat ini menjadikan beberapa masyarakat mengultuskan pantai selatan dan mencoba menghormatinya secara baik. Saat anda berkunjung di Yogyakarta, akan ada beberapa peringatan khusus yang di tujukan kepada nyi roro kidul sebagai penguasa laut selatan. Biasanya, masyarakat akan membuat beragam jenis sajen yang nantinya akan di hanyutkan ke pantai selatan dan di sebut sebagai upacara labuhan. Upacara ini di lakukan di beberapa waktu khusus, terutama pada saat panen raya sebagai wujud syukur dari masyarakat.

Mitos Baju Hijau

Telah di singgung sebelumnya bahwa berbagai kasus orang tenggelam di pantai selatan di sebabkan oleh campur tangan dari penguasa. Konon katanya, penguasa laut selatan membutuhkan abdi baru untuk mengabdi di kerajaannya, oleh karena itu ia mengambil beberapa orang yang berenang di sana. Di samping itu, ada mitos yang berkembang di masyarakat tentang mitos mengenakan baju hijau. Konon katanya, warga yang mandi di pantai tidak di perkenankan untuk mengenakan baju berwarna hijau karena penguasa laut selatan menyukai baju tersebut dan cenderung akan memilihnya untuk menjadi abdi.

Mitos Istri dari Sultan

Entah benar atau tidak, banyak cerita berkembang di masyarakat jika penguasa laut selatan adalah istri dari Sultan yang sedang berkuasa di tanah Yogyakarta. Ini adalah salah satu legenda nyi roro kidul yang cukup banyak di bahas di kalangan masyarakat. Adanya hubungan kesultanan Yogyakarta dengan pantai selatan memang tidak di pungkiri. Banyak upacara-upacara kejawen yang berkaitan dengan penguasa laut selatan masih di lakukan oleh kesultanan Yogyakarta hingga saat ini. Oleh karena itu, masyarakat sedikitnya menganggap wajar adanya hubungan istimewa secara gaib antara Sultan di Yogyakarta dengan penguasa pantai selatan.

Beberapa mitos yang berkembang di masyarakat terkait dengan cerita nyi roro kidul memang menjadi konsumsi harian yang tetap menarik untuk di bahas dari generasi ke generasi. Bagi anda yang tidak percaya dengan cerita tersebut, tentu tidak mengapa. Hanya saja, karena cerita tersebut kadung menjadi sebuah kepercayaan di masyarakat, agaknya akan lebih arif jika kita berusaha menghormati apa yang terjadi di sana bukan mempercayai dan mengikutinya. Anggap saja cerita tersebut adalah bagian dari kearifan lokal yang sudah berkembang di sana sejak dulu.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *