Home > Unik > Beberapa Buah Asli Indonesia Yang Mendunia

Beberapa Buah Asli Indonesia Yang Mendunia

Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal sebagai negeri yang kayak arena mempunyai tanah yang sangat subur. Sebuah istilah tongkat, batu, dan kayu jadi tanaman nyatanya bukan hanya isapan jempol saja. Dunia telah membuktikan hal ini. Rempah-rempah merupakan salah satu hasil bumi yang ada di Indonesia yang wajib dibanggakan. Tembakau, kopi, kayu manis, pala, serta lada yang berasal dari Indonesia termasuk jenis-jenis yang terbaik di kelas dunia. Karena ini pulalah hidung tajam para pedagang Eropa masuk kemudian menguasai jalur perdagangan rempah-rempah bahkan selama beratus-ratus tahun di Indonesia. Tidak hanya rempah-rempah, iklim tropis yang ada di Indonesia juga menjadi surga untuk tanaman buah-buahan. Bahkan, ada beberapa buah asli Indonesia yang sudah go internasional.

Buah asli Indonesia yang terkenal hingga ke Asia bahkan dunia

     Durian

Buah yang satu ini terkenal dengan julukannya sebagai raja buah. Buah durian pertama kali ditemukan di pulau Kalimantan dan Sumatra. Baunya yang cukup menyengat seakan menjadi penegas dari kelezatan buah yang mempunyai kulit berduri ini. Durian merupakan salah satu jenis buah asli dan khas indonesia yang begitu digemari oleh orang Indonesia yang sudah dikembangkan menjadi sekitar 300 varian di Thailand dan juga di seluruh dunia. Saat ini, buah durian juga diolah menjadi beragam jenis panganan serta pelengkap es buah.

     Manggis

Jika durian merupakan raja buah, manggis adalah ratunya. Buah yang mempunyai kulit agak keras serta kehitaman ini memiliki beragam manfaat. Tidak hanya itu, kulit dari buah manggis juga mempunyai kandungan antioksidan dan menjadi salah satu komposisi utama obat pencegah beragam jenis penyakit. Pada awalnya, salah satu buah asli Indonesia ini ditemukan di pulau Kalimantan dan dataran Sunda. Buah yang mempunyai rasa asam manis ini konon begitu disukai oleh ratu Victoria dari Inggris. Karena hal ini pulalah manggis disebut sebagai ratunya buah-buahan.

     Kedondong

Jika anda salah satu penggemar rujak, maka buah kedondong tentunya tak asing lagi di telinga anda. Buah yang mempunyai biji berduri ini mempunyai rasa yang cukup masam. Banyak orang yang tidak suka dengan rasa masam tersebut. Karena itulah, banyak sekali ditemukan olahan buah asli Indonesia ini dalam bentuk manisan ataupun rujak. Buah kedondong adalah jenis buah yang berasal dari Indonesia bagian timur. Pada awal abad ke-20, buah kedondong dibawa ke manca negara mulai dari negara tetangga seperti Australia hingga ke Jamaica. Nama latin dari buah ini yaitu Ambarela. Salah satu buah khas Indonesia ini bahkan juga sempat di kembangbiakkan di kawasan Florida, Amerika Serikat. Namun, karena rasanya yang cukup masam dan tidak cocok dengan lidah masyarakat Amerika, maka buah ini tidak begitu digemari.

     Jambu air

Buah yang satu ini juga merupakan jenis buah-buahan yang biasa ditemui dalam bentuk olahan rujak. Daging buah dari jambu air berwarna putih dan berwarna merah untuk kulit luarnya. Selain merah, jambu air juga mempunyai kulit luar berwarna putih dan hijau. Untuk jambu air yang berwarna merah, varian ini cenderung mempunyai rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan varian yang berwarna hijau atau putih. Di beberapa negara, salah satu buah asli Indonesia ini yang juga merupakan jenis buah tropis, terkenal dengan nama internasional, Java Apple. Buah yang satu ini juga cukup mudah ditemui di pasar-pasar tradisional ataupun supermarket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *