Home > Travelling > Jawa > Air Terjun Coban Rondo – Wisata Alam di Malang yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Coban Rondo – Wisata Alam di Malang yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Coban Rondo merupakan air terjun yang cukup terkenal di kota Malang. Air terjun yang menyimpan sejuta pesona ini terletak di kota Batu, tepatnya di kecamatan Pujon. Air terjun yang berada di ketinggian 1135 MDPL serta memiliki ketinggian 84 meter ini memiliki debit air yang cukup deras, pada musim hujan debit air yang dialirkan mencapai 150 liter per detik, sedangkan pada musim kemarau sekitar 90 liter per detik. Tentu kalian semua juga sudah tidak asing lagi dengan nama kota Malang. Malang merupakan salah satu kota tujuan berwisata meski tidak seterkenal seperti Bali dan Yogyakarta.

Di Malang banyak sekali objek wisata yang wajib masuk daftar antrean untuk liburan, salah satunya air terjun ini. Rasanya kurang apabila sudah jauh-jauh ke Malang tidak menyempatkan diri untuk menikmati keindahan alam yang tidak ada duanya, dengan berkunjung ke air terjun ini kita akan dapat menyaksikan hijaunya pepohonan dengan udara yang masih alami. Nah, apabila kamu memiliki rencana untuk mengunjungi kota Malang, maka air terjun ini wajib masuk dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi. Lalu apa saja yang membuat air terjun ini wajib untuk dikunjungi? Mari simak artikel di bawah ini.

Alasan Kamu Wajib Berkunjung ke Air Terjun Coban Rondo

  1. Air Terjun Coban Rondo ternyata memiliki sejarah yang unik

Nama air terjun Coban Rondo tersebut berasal dari bahasa Indonesia, coban berarti air terjun dan rondo berarti Janda. Konon dulu ada seorang wanita yang bernama Dewi Anjarwati yang melarikan diri dan setia menunggu suaminya Raden Barokusumo di dekat air terjun tersebut hingga sampai waktunya suaminya juga tak kunjung datang sehingga ia akhirnya menjadi seorang janda. Hingga akhirnya masyarakat setempat memberi nama air terjun itu dengan nama Coban Rondo

  1. Keindahan coban rondo yang asri

Memang sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa air terjun Coban Rondo menyimpan pesona alam yang sangat indah untuk dinikmati. Hawa dingin dengan pepohonan yang rindang serta percikan air membuat suasana hati kembali segar kembali. Sajian pemandangan yang indah dan tempatnya yang mudah dijangkau menambah daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung, baik dari dalam kota Malang maupun luar kota Malang bahkan ada dari Mancanegara.

  1. Lokasi Air Terjun yang mudah dijangkau

Untuk menuju ke lokasi tersebut tidaklah susah, kita bisa menggunakan fasilitas transportasi umum yang beroperasi di sepanjang rute menuju Coban Rondo. Jika kita ingin menggunakan transportasi umum kita bisa langsung menuju terminal Arjosari Malang, terminal tersebut merupakan terminal tempat pemberhentian bus antar kota maupun antar provinsi. Nah sesampainya di terminal kita langsung naik bus arah Landungsari, setelah sampai di Landungsari kita lanjut dengan naik bus arah Pujon dan turun di Patung Sapi, sopir bis sudah paham dengan lokasi tersebut, nah setelah itu lanjut saja naik ojek jurusan Coban Rondo, langsung deh sampai.

  1. Harga tiket yang murah meriah

Harga tiket masuk air terjun Coban Rondo sangat murah dan bisa dijangkau untuk semua kalangan. Jadi tenang saja bagi mahasiswa maupun yang sudah bekerja apabila ingin melepas penat karena rutinitas tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Pasalnya hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 8.000.- untuk wisatawan domestik dan Rp.10.000,- untuk wisatawan mancanegara serta biaya parkir Rp 2.000.- untuk kendaraan roda dua, Rp.4.000.- untuk kendaraan roda empat dan Rp 6.000.- untuk kendaraan roda enam kita sudah bisa merefresh kembali suasana hati dan pikiran.

  1. Fasilitas yang memadai

Disamping keindahan alamnya yang mempesona kemudian lokasi yang mudah dijangkau serta harga tiket yang murah meriah kurang rasanya apabila tidak ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Tenang saja buat kalian yang jauh-jauh maupun yang dekat-dekat yang datang ke lokasi ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut diantaranya :

  • Hotel atau penginapan

Jika kita datang dari luar kota dan ingin beristirahat, tenang saja di sekitar lokasi sudah banyak penginapan dengan harga yang terjangkau yakni berkisar dari Rp 50.000 – Rp 150.000 untuk setiap malamnya.

  • Tempat makan

Tidak usah khawatir akan kelaparan jika mengunjungi tempat ini. Sudah banyak tempat makan yang disediakan dengan harga yang terjangkau pula yakni berkisar dari Rp 5.000.- sampai Rp 15.000.- .

  • Toilet dan tempat ibadah

Sudah banyak toilet umum di sekitar air terjun Coban Rondo, dengan kebersihan yang selalu terjaga serta tempat ibadah yang nyaman digunakan.

Nah, itu dia alasan kamu wajib berkunjung ke air terjun Coban Rondo, ketika berkunjung ke Malang. Hayo yang anak Malang bisa menambahkan sisi-sisi unik dari air terjun ini ? Eits, jangan lupa untuk mengabadikan momen terindah di bawah air terjun ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *