6 Peninggalan Sejarah Unik Di Indonesia

Indonesia tidak terlepas dari cerita sejarahnya. Dari mulai kerajaan hingga sejarah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Beragam kejadian masa lalu itu tidak hanya menghasilkan sebuah cerita yang bisa kita dilantunkan untuk generasi mendatang, tetapi juga ada dalam bentuk peninggalan sejarah unik di Indonesia. Peninggalan-peninggalan unik ini menjadi suatu warisan yang harus kita lindungi dan kita lestarikan.

Berikut adalah peninggalan sejarah unik di Indonesia:

Berbagai peninggalan sejarah unik di Indonesia

  1. Candi Borobudur

Terletak di Magelang, Jawa Tengah, candi ini merupakan bangunan berbentuk stupa yang didirikan oleh penganut agama budha mahayanan sekitar tahun 800-an M pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Stupa terbesar yang ada di candi ini terletak di tengah sekaligus memahkotai candi ini.

Monument ini merupakan tempat yang dibangun untuk memuliakan Budha sekaligus tempat ziarah untuk menuntun para umat manusia untuk beralih dari nafsu duniawi menuju pencerahan sesuai dengan ajaran Budha. Candi Borobudur mulai ditinggalkan pada abad ke-14 saat pengaruh agama Budha melemah dan mulai masuknya pengaruh Islam. Namun pada tahun 1814, ditemukan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raffles, dan mulai dilakukan serangkaian pemugaran. Saat ini, candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat upacara keagamaan, khususnya pada hari raya Waisak.

  1. Celengan Majapahit

Peninggalan sejarah unik di Indonesia yang berasal dari kerajaan Majapahit ini ditemukan dalam bentuk pecahan. Tetapi, tempat untuk menyimpan uanh ini berhasil disatukan kembali dan berbentuk celengan babi. Ditemukan di Trowulan, Jawa Timur, diperkirakan digunakan sekitar abad ke 14-15 M. Dan sekarang menjadi bagian dari koleksi Museum Gajah, Jakarta.

  1. Uang gobog Majapahit

Majapahit memang terkenal sebagai salah satu kerajaan di Indonesia yang sangat maju. Salah satunya adalah bukti mengenai penggunaan mata uangnya sendiri. Uang kerajaan majapahit ini terbuat dari tembaga. Satu sisinya terdapat relief bergambar wayang, alat-alat persenjataan dan pohon beringin. Serta sisi satunya terdapat relief pohon, senjata dan sesaji.

  1. Benteng keraton Buton

Peninggalan sejarah unik di Indonesia bisa ditemukan dalam bangunan pertahanan, atau benteng. Bahkan benteng kesultanan buton ini menjadi salah satu benteng unik di dunia. Alasannya karena benteng setinggi 1,5-2 meter ini hanya tersusun dari batu-batu gunung, dengan perekatnya menggunakan adonan kapur dicampur dengan cairan putih telur. Jadi tidak menggunakan semen seperti bangunan lainnya.

  1. Candi Sukuh

Berada di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Terletak di kaki gunung Lawu dan didirikan sekitar tahun 1437 oleh masyarakat hindu tantrayana. Arsitektur candi ini unik karena tidak seperti bangunan candi hindu lainnya yang ada di Indonesia. Tetapi candi ini justru memiliki struktur punden berundak yang memiliki arsitektur seperti piramida suku maya. Selain itu, bangunannya juga lebih mengingkatkan kita pada bangunan di Mesir.

  1. Candi Prambanan

Bisa dibilang candi ini merupakan sebuah mahakarya arsitektur kuno dari kebudayaan agama hindu. Terletak di Jawa Tengah dan diperkirakan dibangun tahun 850 M. candi ini terdiri dari 8 kuil utama dengan dikelilingi oleh 250 candi kecil. Hampir seluruh bangunan candi ditutupi oleh relief yang menceritakan kisah inkarnasi Wisnu, petualangan hanuman raja monyet, legenda Ramayana, dll. Situs candi ini memiliki 3 candi utama, yaitu candi wisnu, brahma dan siwa. Di salah satu candi besar itu terdapat arca dewi Durga Mahisashuramardini yang diyakini sebagai perwujudan putri Roro Jongrang. Sebuah legenda yang diyakini terjadi di candi Prambanan ini.

Nah, itulah beberapa peninggalan sejarah unik di Indonesia yang harus kita rawat dan lestarikan.

Please follow and like us:

2 Replies to “6 Peninggalan Sejarah Unik Di Indonesia”

    1. Indonesia memang keren gan, dari segala hal dan salah satu sejarah tebesar di indonesia adalah majapahit

Leave a Reply

Your email address will not be published.