Home > Kuliner > 5 Kuliner Unik Surabaya yang Mantap

5 Kuliner Unik Surabaya yang Mantap

Apakah anda ingin atau memiliki rencana ke Surabaya? Jika begitu, pastikan ketika anda singgah, anda tidak melewatkan kuliner unik Surabaya yang khas dan mantap. Surabaya memiliki kuliner yang tiada duanya dan sangat cocok ketika anda adalah penikmat wisata kuliner. Surabaya merupakan kota yang modern dan penuh dengan berbagai macam penduduk. Tentunya berbagai macam kuliner juga tersedia dan menjadi khas ketika para penjual mengkreasikan kuliner tersebut menjadi kuliner yang berbeda dari tempat lain. Berikut ini adalah referensi bagi anda yang ingin menikmati kuliner unik sehingga perjalanan anda di Surabaya juga lebih mengesankan.

Sate Klopo

Apakah anda pernah mendengar kata klopo? Klopo memiliki arti kelapa dalam Bahasa Indonesia dan di Surabaya ini, ada makanan unik yang disebut sate klopo. Tentu saja sate klopo bukanlah sate yang terbuat dari kelapa. Sate ini masih menggunakan daging. Daging pada sate ini dicampur dengan jeroan sapi. Kemudian, sebelum dibakar, sate ini dilumuri dengan parutan kelapa terlebih dahulu. Jadi sate ini bukanlah sate vegetarian melainkan sate yang dibumbui dengan parutan kelapa. Rasa dari sate ini sangat unik karena baunya yang dipadu dengan kelapa panggang serta rasa gurih dari kelapa panggang memberikan kesan tersendiri bagi penikmat kuliner unik di Surabaya.

Nasi Goreng Jancuk

Dari namanya saja kita tentu sudah bisa menebak bahwa makanan ini merupakan makanan khas Surabaya. Jancuk merupakan kata umpatan yang sering digunakan oleh para penduduk jawa timur, terutama di daerah Surabaya. Meski sedikit kasar, namun nama ini malah menjadi daya tarik tersendiri. Nasi goreng ini memiliki porsi yang sangat banyak dan tentu saja, membuat kita ingin mengumpat karena rasa pedasnya yang mantap. Perpaduan rasa pedas yang mantap serta ukuran kegurihan dan kemanisan dari nasi goreng inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kuliner. Satu porsi nasi goreng di tempat ini bisa dinikmati 3-5 orang.

Nasi Krawu

Nasi krawu juga merupakan salah satu kuliner unik Surabaya yang tidak boleh anda lewatkan. Nasi krawu, yang berasal dari kata Bahasa jawa, krawu yang berarti campur aduk, merupakan nasi yang di berikan lauk berupa krawuan atau campuran beberapa masakan. Masakan tersebut seperti semur daging, serundeng, jeroan sapi, dan sambal terasi. Perpaduan rasa dari semua bumbu dan lauk ini sangatlah meriah karena nasi putih yang netral akan mendapatkan sensasi lebih dari berbagai campuran rasa dan bumbu dari campuran lauk tadi.

Rawon Setan

Tentunya rawon sudah tidak asing lagi di telinga kita. Untuk anda para penikmat kuliner, ketika anda singgah di Surabaya, pastikan anda tidak melewatkan rawon setan di Surabaya. Rawon setan merupakan lauk yang istimewa dimana rasanya sangat kuat. Rawon setan ini terlihat seperti soto tapi memiliki tampilan kuah hitam pekat yang kental dan diberikan campuran daging seperti daging sapi, jeroan sapi, atau kikil sapi. Salah satu hal yang menarik dari kuliner unik daerah Surabaya ini adalah keempukan dari daging sapi dimana daging tersebut diolah secara seksama sehingga menghasilkan daging yang empuk dan tidak alot.

Lontong Balap

Pilihan kuliner unik Surabaya terakhir anda dan harus anda icipi adalah makanan khas mereka, yaitu lontong balap. Lontong balap mendapatkan namanya karena konon, setiap penjualnya tergesa-gesa ketika membawanya karena pikulan lontong ini berat. Dalam menu lontong ini, anda akan mendapati makanan vegetarian yang segar seperti tahu goreng, lentho yang ditambahkan tauge, bawang goreng, dan disiram dengan kuah yang menggugah selera aromanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *