Home > Kuliner > 5 Kuliner Magelang yang Wajib Kamu Coba

5 Kuliner Magelang yang Wajib Kamu Coba

Magelang, kota yang sering disebut sebagai tempat persinggahan karena letaknya yang ada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini menyimpan sejumlah tempat kuliner terbaik untuk kamu yang suka berwisata kuliner. Ya, kota dimana terletak Gunung Merapi disitu menawarkan beragam jenis kuliner lokal yang menggugah selera yang tentu saja bisa menjadi pilihan saat kamu berlibur ke tempat ini. Nah, ada beberapa kuliner Magelang yang wajib kamu coba saat berkunjung. Berikut beragam pilihannya.

Kupat Tahu

Menu kuliner pertama yang wajib kamu coba saat berada di Magelang adalah kupat tahu. Kupat tahu merupakan salah satu sajian lokal yang sudah digemari masyarakat sejak jaman dulu dan masih banyak disajikan hingga sekarang. Meskipun banyak terdapat di beberapa kota, khususnya di Jawa, kupat tahu Magelang memiliki ciri khas yang unik dan terkenal di Indonesia.

Terbuat dari irisan tahu dan juga ketupat, menu kuliner Magelang dilengkapi dengan beberapa sayuran dan diguyur dengan sambal kecap yang pedas dan menggugah selera. Setelah itu, kupat tahu akan dilengkapi dengan kerupuk udang yang renyah. Warung makan kupat tahu yang terkenal di Magelang adalah Warung Pak Larto dan Pak Slamet.

Sop Snerek

Apakah kamu ingin menu sarapan yang segar nan nikmat? Menikmati sajian sop untuk menu sarapan merupakan ide yang tepat. Salah satu kuliner Magelang yang cocok untuk menu sarapan anda adalah sop snerek atau sop sedep enak rekomended.

Sop in cukup unik dan sedikit berbeda dengan beberapa sop lainnya. Ya, hal ini karena bahan dasar sop adalah kacang merah, bayam, wortel, dan juga daging. Agaknya kurang lengkap jika berkunjung ke Magelang tanpa mencicipi sajian kuliner yang satu ini. Ada beberapa warung sop yang terkenal, seperti Warung Bu Atmo dan Pak Parto.

Wedang Kacang

Magelang memang merupakan daerah yang memiliki suhu relative lebih dingin karena berada di dataran yang cukup tinggi. Hawa dingin yang merasuk ke tubuh tentu membuat kita akan merasa kurang nyaman dalam beraktivitas. Nah, bagi kamu yang ingin menghalau dingin yang menusuk, terutama di malam hari, maka ada wedang kacang yang bisa dicoba.

Wedang kacang adalah salah satu menu kuliner Magelang yang sangat menarik. Terdiri dari kacang tanah sebagai bahan utama, wedang kacang memberikan rasa minuman hangat yang khas dan sangat nikmat.

Wedang Ronde

Selain wedang kacang, menu minuman hangat yang cocok dinikmati saat udara dingin adalah wedang ronde. Wedang ronde terbuat dari beberapa bahan berbeda, seperti isi ronde, kolang kaling, kacang tanah serta agar-agar.

Kesemua bahan akan dicampur dalam mangkok kecil dan diguyur dengan air jahe panas yang menyegarkan. Menu ini memang sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Nah, kamu akan menemukan banyak pedagang wedang ronde di Magelang.

Nasi Lesah

Pernahkah kamu mendengar tentang kuliner yang satu ini? Ya, nasi lesah adalah salah satu sajian kuliner yang patut dicoba di kawasan Magelang. Menu ini cukup unik dengan rasa yang begitu nikmat. Nasi lesah mirip dengan soto, yang dilengkapi dengan nasi, tauge, bihun, irisan tahu bacem dan bawang goreng. Namun, apa yang membedakan sajian kuliner Magelang ini adalah letak santan yang gurih yang dituangkan dalam nasi. Menu ini cocok untuk makan malam bersama keluarga.

Nah, demikian beberapa kuliner Magelang yang bisa kamu coba. Penasaran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *