Home > Kuliner > 4 Sajian Kuliner Madura Yang Akan Membuat Anda Selalu Rindu

4 Sajian Kuliner Madura Yang Akan Membuat Anda Selalu Rindu

Jika membahas soal kuliner Madura maka tentu saja salah satu menu khas dari Madura yang banyak terbesit di seluruh pikiran masyarakat luas yang ada di Indonesia ini adalah menu sajian sate madura. Sate madura memang merupakan salah satu sajian khas yang memang tidak dapat di samakan dengan sate yang ada di wilayah lainnya. Bumbu kacang yang di suguhkan pada menu sate madura ini memang sangat lezat di lidah. Namun perlu anda ketahui bahwa kuliner yang berasal dari kota Madura tersebut bukan hanya sate saja melainkan ada banyak menu sajian lezat yang berasal dari kota tersebut. Oleh karena itu untuk anda yang sangat gemar memburu sajian kuliner maka sangat tepat sekali jika anda berkunjung ke kota madura ini untuk mencicipinya. Bagi anda yang sudah penasaran dan ingin tahu seperti apa saja olahan sajian makanan yang ada di kota ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

  1. Bebek Songkem

Selain sate Madura ternyata sajian kuliner Madura yang juga sangat lezat adalah Bebek Songkem. Sajian khas ini berasal dari daerah sampang dimana bebek akan diolah dengan menggunakan bumbu yang terbuat dari beraneka rempah yang kemudian di kukus dengan menggunakan daun pisang. Adapun proses pengukusannya sangat lama yaitu hingga daging bebek benar benar empuk dan hingga bumbu meresap ke dalam daging. Sajian ini mengeluarkan aroma yang sangat khas yang berasal dari daun pisang yang digunakan.

  1. Lorjuk

Kemudian untuk kuliner Madura yang kedua yaitu ada sajian Lorjuk yang terbuat dari hewan laut. Lorjuk ini sendiri adalah kerang laut yang berbentuk pipih dan juga panjang yang biasa di temukan di dalam pasir pada tepian pantai yang ada di Madura. Lorjuk ini sendiri biasanya di sajikan sebagai menu rica rica yang rasanya sangat pedas dan juga dapat diolah menjadi keripik lorjuk. Keripik lorjuk inilah yang biasanya dijadikan sebagai oleh oleh khas Madura. Lorjuk bisa di konsumsi sebagai makanan ringan atau bahkan bisa juga dijadikan sebagai pendamping nasi. Perlu anda ketahui bahwa lorjuk ini hanya akan anda temukan di kota Madura saja.

  1. Topak Ladeh

Untuk menu kuliner khas Madura yang ketiga yaitu ada Topak Ladeh. Topak ladeh ini sendiri adalah menu sajian yang dibuat dengan menggunakan kuah santan yang jika dilihat hampir sama dengan opor. Hanya saja perbedaan topak ladeh dengan opor ini yaitu topak ladeh dibuat dengan menggunakan bumbu yang sangat pedas dan memiliki warna kuah yang merah pekat. Menu sajian ini dibuat dengan menggunakan daging sapi dan juga lontong.

  1. Nasi Serpang

Kemudian untuk menu sajian khas Madura yang keempat yaitu ada Nasi Serpang. Nasi serpang ini disajikan menyerupai nasi campur hanya saja rasa dari nasi serpang ini memang sangat khas dengan kota tersebut. Nasi ini di isi dengan irisan daging ayam atau daging sapi kemudian ada telur rebus atau telur suwir. Kemudian juga terdapat oseng-oseng bihun serta tumis buncis dan juga sambal goreng kentang serta krecek. Juga terdapat tempe goreng, oseng tahu dan lain sebagainya. Nasi serpang ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan juga gurih. Untuk anda yang sangat suka menyantap nasi dengan aneka lauk maka sajian nasi serpang ini sangat tepat untuk anda nikmati. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari kuliner Madura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *