Home > Mistis > 4 Kisah Misteri Gunung Merapi Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding!

4 Kisah Misteri Gunung Merapi Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang juga mempunyai banyak gunung berapi. Salah satunya adalah gunung Merapi. Gunung yang sudah sangat fenomenal dan dikenal aktif hingga saat ini. terakhir kali Merapi meletus pada tahun 2010. Secara geografis gunung ini terletak diantara perbatasan propinsi Yogyakarta dan propinsi Jawa Tengah. Disamping dikenal cukup aktif, Merapi juga dikenal akan mistis, mitos serta cerita legenda dalam dunia gaib. Ingatkah anda dulu pernah ada film yang menayangkan misteri gunung Merapi? Mari kita kupas misteri lain yang ada disana.

Kisah Mistis Gunung Merapi

Tahukah kalian ternyata tempat angker di Merapi bukan hanya terletak pada satu lokasi saja? hampir semua lokasi di Merapi menyimpan sisi ke-angkeran tersendiri. Banyak saksi mata yang telah membuktikannya. Dari warga setempat ataupun pendaki gunung. Berikut kisah mistis gunung Merapi lebih lanjut.

  1. Bunker Kaliadem

Menjadi gunung api aktif, sudah pasti Merapi diwajibkan memiliki bunker. Bunker ini dipergunakan untuk berlindung bila Merapi sewaktu-waktu meletus. Bunker Kaliadem telah porak poranda saat Merapi meletus 2010 lalu. Konon ketika sore hari sering terdengar suara tangisan dilokasi angker di gunung Merapi ini. suasana bunker yang gelap dan minim sumber cahaya menambah kuat aura negatif disana. Dulu ada dua orang relawan mencoba berlindung dari lahar panas Merapi yang meletus secara tiba-tiba. Mereka masuk kedalam bunker namun tidak sempat menutup pintu bunker. Alhasil mereka meninggal terkena lahar panas Merapi.

  1. Puncak Garuda atau batu Erri

Letusan di tahun 2010 memang menghilangkan sebagian besar bagian Merapi termasuk puncak garuda. Semenjak itu para pendaki hanya diperbolehkan mendaki sampai pasar bubrah. Namun ingatkah kalian pernah ada berita mengenai seorang pendaki yang jatuh terpeleset kedalam kawah karena nekat mendaki hingga puncak garuda? Saat itu dia sedang berfoto disebuah puncak batu yang menjulang tinggi. kemudian dia terpeleset kedalam kawah dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Sejak insiden itu banyak orang mempertanyakan bagaimana puncak garuda yang sudah hilang itu bisa muncul kembali.

  1. Pasar Bubrah

Lokasi misteri gunung Merapi selanjutnya ialah pasar bubrah yang saat ini jadi lokasi puncak Merapi. Lokasinya cukup datar dan didominasi oleh bebatuan serta pasir yang merupakan sisa-sisa letusan Merapi. Meskipun lapang dan tidak rimbun pepohonan, namun lokasi ini tak kalah angker. Menurut warga setempat lokasi tersebut adalah lokasi pasar makhluk halus milik Keraton Merapi. Dimana batu berserakan disana diyakini sebagai warung, meja serta kursi milik makhluk halus. oleh sebab itu para pendaki dihimbau untuk berlaku sopan ditempat tersebut. Baik dalam berkata-kata ataupun perilaku. Bila ada seseorang yang berani melanggarnya dengan berlaku tidak sopan, makhluk halus disana tidak segan-segan membawa orang tersebut kedalam dunia mereka. banyak pendaki yang merasakan langsung keberadaan pasar setan tersebut. terutama dimalam hari ketika mereka bermalam di pasar bubrah. Mereka sering mendengar suasana ramai seperti pasar ditempat tersebut.

  1. Keraton Merapi

Keraton Merapi masih terasa asing didengar, pasalnya Keraton ini merupakan kerajaan jin yang tak kasat mata. Dari cerita turun temurun, keraton ini telah ada sejak jaman Kerajaan Mataram. Dulu Keraton Mataram berhasil mengalahkan Kerajaan Panjang berkat bantuan Keraton Merapi. Sebab itu warga setempat selalu mengadakan selamatan setiap tanggal 30 rajab.

Banyak sekali bukan misteri gunung Merapi? Hampir semua lokasi memang memiliki aura negatif. Para pendaki pun harus berlaku sopan selama mendaki Merapi. Jika kalian tidak percaya, bisa buktikan sendiri. tapi ingat resikonya kalian bisa dibawa kedunia mereka dan tidak bisa lagi kembali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *