Home > Travelling > Jawa > 4 Air Terjun Jogja Yang Wajib Ada Di Daftar Liburan

4 Air Terjun Jogja Yang Wajib Ada Di Daftar Liburan

Jogja memang telah menjadi tujuan wisata yang terkenal bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Di propinsi yang memiliki julukan sebagai kota gudeg dan kota pelajar ini nyatanya memang menawarkan berbagai tempat tujuan wisata yang tidak ada bosannya untuk dikunjungi. Bagaimana tidak di Jogja para wisatawan tentunya bisa mengunjungi berbagai jenis wisata, mulai dari wisata seejarah, wisata budaya, wisata belanja, wisata kuliner hingga wisata alam yang memiliki berbagai pesona alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah wisata air terjun. Tentunya bagi kamu yang memiliki kecintaan terhadap alam dan ingin memanfaatkan waktu liburan kamu, yukz kunjungi beberapa air terjun jogja yang wow banget.

Destinasi Wisata Air Terjun Di Jogja

Selain wisata alam selain pantai, jogja juga menawarkan wisata air terjun Jogja yang jumlahnya tidak sedikit. Salah satu air terjun yang wajib kamu kunjungi adalah air terjun Sri gethuk. Lokasi dari air terjun ini berada di dusun Menggoran, desa Bleberan, kecamatan Playen kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini berada di tepian sungai Oya yang memiliki keunikan dari aliran air yang jatuh mengenai bebatuan karst di seputar sungai. Aliran air terjun ini tidak hanya satu, terdapat beberapa aliran air dari atas yang menambah kecantikan air terjun ini. Fasilitas wisata di air terjun Jogja Sri gethuk ini terbilang sudah lengkap. Dimana wisatawan hanya perlu membayar HTM sebesar Rp 7000. Bagi yang ingin menyewa rakit dan pelampung bisa memiliki paket wisata lengkap seharga Rp 30.000 untuk menikmati wisata selusur sungai oya bersama pemandu wisata.

Tentunya gunung kidul tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya. Pasalnya air terjun juga dengan mudah kamu temui ketika berwisata di kabupaten ini. Njurug gedhe merupakan air terjun favorit jogja yang harus kamu kunjungi. Air terjun ini menawarkan keindahan air yang jatuh dari ketinggian 25 meter. Selain menikmati air terjun yang mengalir, kamu juga bisa melakukan jenis kegiatan lainnya seperti trek trail, reppling, ataupun sekedar berjalan-jalan melintasi jembatan gantung gembyong. Untuk menikmati keindahan air terjun ini kamu perlu mengunjungi lokasi wisata Nglanggeran yang berada di Dusun Gembyong, desa Ngoro-oro Patuk Gunung Kidul.

Selain di kabupaten Gunung Kidul, wisata air terjun jogja yang menarik juga bisa kamu temui di kabupaten Kulon Progo. Dimana di kabupaten ini terdapat banyak destinasi air terjun yang masih alami. Letaknya di dusun Kelir Jatimulyo Girimulyo Kulon Progo. Keunikan air terjun ini adalah warna air yang mengalir terdiri dari dua warna yaitu warna putih dan hijau tosca. Begitu juga dengan bebatuan yang menghiasi di sekitar aliran air terjun yang memiliki warna putih kekuningan dan kuning kemerahan. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun tersebut kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

Masih di kabupaten Kulon progo, bagi kamu yang menyukai tracking di alam terbuka dan air terjun dengan aliran air yang deras, air terjun yang satu ini tentunya wajib kamu kunjungi. Air terjun Sidoharjo atau yang memiliki sebutan lain sebagai air terjun perawan ini memang menawarkan keindahan alam yang masih alami dan belum banyak terjamah. Air terjun Jogja Sidoharjo ini terletak di dusun Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Untuk sampai di lokasi air terjun, kamu memang harus berjalan kaki melewati jalan setapak dipinggir sawah dan hutan. Tentunya rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan air terjun Sidoharjo yang memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter. Tentunya disarankan untuk mengunjungi air terjun yang satu ini ketika musim kemarau, yaitu pada malam harinya setelah turun hujan. Tentunya aliran airnya akan deras dan terlihat indah saat berjatuhan di tebing yang sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *