Home > Travelling > Jawa > 3 Obyek Wisata Menarik di Kulonprogo yang Perlu Anda Kunjungi

3 Obyek Wisata Menarik di Kulonprogo yang Perlu Anda Kunjungi

Obyek wisata adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh manusia di zaman modern ini. Tempat tersebut digunakan oleh mereka untuk melepas penat akibat kegiatan rutinitas sehari-hari. Biasana lokasi wisata tersebut banyak didatangai para pengunjung ketika akhir pekan atau saat musim liburan. Bagi anda yang sedang mencari tempat berlibur, mungkin wisata Kulonprogo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bagi anda yang sering berkunjung atau tinggal di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, nama Kulonprogo pasti sudah tidak asing lagi. Kulon Progo merupakan salah satu nama kabupaten yang berada di Provinsi Yogyakarta. Kabupaten ini berada di bagian barat Provinsi Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Daerah kabupaten Kulonprogo ini memiliki kenampakan alam berupa pengunungan dan dataran rendah. Pegunungan-pengunungan yang ada di kabupaten paling barat dari Yogyakarta tersebut terkenal memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Oleh karena hal ini, maka banyak bermunculan wisata alam Kulonprogo yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa tempat wisata alam menarik di Kabupaten Kulonprogo yang dapat dikunjungi guna mengisi waktu liburan.

Kebun Teh Nglingo

Salah satu destinasi wisata yang menari dari Kabupaten Kulon progo ini adalah kebun teh Nglingo. Lokasi obyek wisata ini berada di Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Wisata alam yang satu ini memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis. Saat datang ketempat ini, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan berupa hamparan kebun teh yang sangat luas. Para pengunjung dapat berfoto di tengah-tengah hijaunya tanaman teh tersebut. selain itu, obyek wisata ini juga terdapat sebuah bukit yang menjulang tinggi. Dari puncak bukit ini, para wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam sekitar obyek wisata kulonprogo tersebut.

Selain dapat menikmati keindahan alam, para wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh khas dari tempat wisata ini. Adapun oleh-oleh dari tempat yang menarik ini yaitu berupa produk daun teh yang siap seduh. Selain membawanya pulang, anda juga dapat menikmati seduhan teh asli Nglingo ini di lokasi wisata sambil menikmati nuansa alam yang masih asri.

Puncak Suroloyo

Obyek wisata bernuansa alam berikutnya di kabupaten kulonprogo yaitu puncak suroloyo. Puncak Suroloyo merupakan sebuah tempat wisata yang terkenal di kabupaten Kulonprogo. Obyek wisata alam ini berupa sebuah bukit yang menjulang tinggi. Dari atas bukit ini, para wisatawan dapat menikmati keindahan daerah Kabupaten magelang di Jawa Tengah. Dari puncak Suroloyo ini, pengunjung akan merasa diatas awan dan candi Borobudur akan kelihatan dengan sangat jelas.

Suroloyo merupakan sebuah nama puncak tertinggi dari perbukitan menorah. Wisata ini berada di wilayah kecamatan Samigaluh. Untuk menuju obyek wisata ini pun sangat mudah. Hal ini dikarenakan jalan menuju wisata Suroloyo sudah di aspal. Selain itu juga terdapat papan penunjuk arah ke wisata alam Suroloyo yang mempesona, sehingga memudahkan para pengunjung untuk menuju lokasi wisata tersebut.

Embung Banjaroyo

Obyek wisata Kulonprogo berikutnya yaitu embung banjaroyo. Embung banjaroya merupakan salah satu obyek wisata baru di wilayah Kabupaten Kulonprogo, lebih tepatnya berada di Dusun Tonogoro, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. Embung banjaroya ini ini termasuk tempat wisata yang yang baru.untuk retribusi masuk tempat ini gratis. Para pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Ketika sampai di lokasi ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang mempesona. Pada obyek wisata ini juga terdapat gazebo-gazebo yang dapat anda gunakan untuk berteduh. Selain menikmati pemandangan alam, para pengunjung juga dapat memberi makan ikan yang ada di embung tersebut. pengelola wisata telah menyediakan pakan ikan dan pengunjung hanya membayar 2 ribu saja agar dapat menikmati sensasi memberi makan ikan secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *