Home > Mistis > 3 Hutan Paling Angker Di Jawa Timur

3 Hutan Paling Angker Di Jawa Timur

Pulau Jawa termasuk pulau yang luas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam pulau ini terbagi atas 6 provinsi. Salah satu provinsi tersebut bernama Jawa Timur. Provinsi Jawa timur ini berada di bagian paling timur dari Pulau Jawa. Ibukota dari provinsi yang berada di paling timur Pulau Jawa ini adalah Kota Surabaya. Bentang alam wilayah Jawa Timur ini berupa dataran rendah, pegunungan dan hutan. Beberapa hutan di Provinsi Jawa Timur ini dikenal wingit atau angker. Banyak beredar kisah-kisah menyeramkan dari hutan angker di Jawa Timur.

Hutan Angker Di Provinsi Jawa Timur

Apakah yang anda bayangkan saat mendengar kata angker? Pasti yang terlintas dipikiran adalah sosok makhluk gaib. Memang benar sekali, kata angker adalah sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu tempat yang terdapat makhluk halus di dalamnya. Makhluk gaib tersebut biasanya sering menampakkan wujudnya di hadapan manusia. karena seringnya kejadian tersebut, maka banyak orang yang merasa takut untuk berada di tempat tersebut. salah satu tempat yang tergolong angker adalah hutan. Hal ini beralasan lantaran hutan merupakan sebuah tempat yang jarang di tinggali oleh manusia. di Jawa Timur sendiri juga terdapat hutan yang terkenal angker. Berikut ini hutan angker yang terkenal di Jawa Timur.

  1. Hutan Alas Purwo

Hutan angker di Jawa Timur yang pertama adalah alas purwo. Alas Purwo merupakan nama sebuah hutan yang berfungsi sebagai cagar alam. Di dalam hutan ini terdapat berbagai macam jenis dan tumbuhan yang dilindungi oleh negara. Dibalik rimbun dan Indahnya hutan yang satu ini, ternyata alas purwo menyimpan sebuah kisah mistis. Menurut penuturan masyarakat, alas purwo merupakan sebuah kerajaan jin yang paling besar di tanah jawa. Hal ini diperkuat dengan cerita mistis lainnya. konon jika ada seseorang yang nekat masuk kehutan ini, maka orang tersebut akan sulit untuk keluar dari dalam hutan. Apabila orang tersebut mampu keluar, akan tetapi selama hidupnya, ia akan tertimpa kesialan yang tiada habisnya.

  1. Hutan Alas Ketonggo

Selain alas purwo, masih ada lagi tempat yang dianggap angker di Jawa Timur. Hutan terkenal angker di Pulau Jawa bagian timur berikutnya yaitu hutan alas ketonggo. Alas ketonggo ini berada di daerah Ngawi, Jawa Timur. Kata ketonggo berasal dari katon dan onggo. Katon berarti terlihat dan onggo yang memiliki arti makhluk halus. Jadi, jika digabungkan maka akan memiliki arti sebagai sosok makhluk halus yang terlihat. Memang tempat yang satu ini merupakan salah satu kerajaan makhluk halus yang berada di tanah jawa. Selain hal tersebut, alas ketonggo juga menjadi tempat persembunyian Prabu Brawijaya saat kerjaannya Majapahit diserang oleh Demak.

  1. Hutan Alas Lali Jiwo

Hutan angker di Jawa Timur selanjutnya bernama alas lali jiwo. Alas lali jiwo ini berada di Gunung Arjuna. Gunung arjuna sendiri dikenal sangat angker oleh masyarakat sekitar maupun oleh para pendaki gunung. Hutan yang satu ini terkenal sangat angker, konon banyak pendaki yang tersesat atau bahkan hilang dilokasi yang satu ini. Menurut cerita yang beredar dan menjadi kepercayaan masyarakat sekitar Gunung Arjuna ini, biasanya pendaki yang tersesat atau bahkan hilang tersebut memiliki niat yang kurang baik, walaupun sang pendaki tersebut memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni mengenai bidang mendaki gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *