Home > Unik > 2 Suku Terasing di Pulau Sulawesi

2 Suku Terasing di Pulau Sulawesi

Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari banyak suku bangsa. Jika anda melihat luasnya wilayah Indonesia, maka hal tersebut bisa menggambarkan betapa luasnya wilayah Indonesia dan juga betapa banyak suku-suku bangsa yang tinggal di Indonesia tersebut. Salah satu suku bangsa yang masih banyak ditemukan di Indonesia ialah suku terasing dan salah satu daerah yang terdapat suku terasing ialah pulau Sulawesi. Apa saja Suku terasing di Sulawesi? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Suku Kaili

Suku terasing di Sulawesi pertama yang bisa anda ketahui ialah suku kaili. Suku ini merupakan salah satu suku terasing yang bisa anda temukan di pulau Sulawesi tepatnya di provinsi Sulawesi Tengah. Jika anda ingin melihat atau bertemu dengan suku ini, maka anda bisa mengunjungi daerah di kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala. Selain di daerah-daerah tersebut, anda juga bisa menemukan suku tersebut di beberapa daerah lainnya. Seperti halnya suku yang lain, suku ini juga mempunyai banyak cirri khas yang mungkin tidak bisa anda temukan di suku terasing lainnya. Salah satu hal yang unik yang bisa anda ketahui dari suku Kaili ialah dengan panggilan ‘To’ atau mempunyai arti orang.

Salah satu hal yang anda perlu ketahui juga bahwa penamaan Kaili tersebut berasal dari nama suatu pohon yang hidup di area tersebut, di tepi sungai Palu dan sungai Teluk. Itulah beberapa yang bisa anda ketahui kaitannya dengan suku terasing yang berada di Sulawesi ini. Suku kaili dibagi menjadi beberapa sub-suku lagi yang mana suku tersebut juga mempunyai sekitar 20an dialek bahasa. Hal lain yang bisa anda temukan dari keunikan suku Kaili ialah anda akan menemukan dialek yang berbeda meskipun hanya di kampong yang mempunyai jarak kurang lebih 2 km saja. Tentu hal tersebut menjadi keunikan tersendiri mengingat dialek bahasa biasanya tersebar dalam area yang cukup.

Suku Banggai

Suku terasing selanjutnya yang bisa anda ketahui ketika anda ingin berkunjung ke Sulawesi ialah suku Banggai. Sesuai dengan namanya bahwa suku Banggai ini merupakan salah satu suku yang berasal dari Kepulauan Banggai. Dengan demikian, suku ini mendiami beberapa area yang tersebar di kepulauan Banggai tersebut seperti Kabupaten Banggai dan daerah-daerah yang lain. Pada dasarnya Kabupaten Banggai, merupakan salah satu suku yang terdiri dari 3 suku bangsa. Selain suku Banggai, anda juga bisa menemukan beberapa suku lain yang berada di Kabupaten Banggai tersebut dan diantaranya ialah suku Balantak dan suku Saluan. Di Kabupaten Banggai tersebut, ketiga suku tersebut mempunyai adat istiadat dan juga budaya yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Menurut sejarah, pada zaman dahulu suku Banggai pernah menguasai separuh dari area Sulawesi Tengah dan hal tersebut diperkuat dengan berdirinya kerajaan yang mempunyai nama Kerajaan Banggai. Dengan demikian, sejarah suku Banggai ini juga cukup gemilang mengingat suku ini pernah Berjaya di masa lampau. Sementara itu, kaitannya dengan bahasa, suku ini juga mempunyai bahas tersendiri yakni menggunakan bahasa Banggai. Jika berbicara mengenai bahasa Banggai, bahasa ini merupakan bahasa yang diturunkan dari Malayo-Polinesia.

Itulah dua Suku terasing di Sulawesi yang bisa anda ketahui ketika anda berada di Sulawesi. Pada dasarnya, masih banyak suku-suku yang terasing yang lain yang bisa anda ketahui. Namun demikian, kedua suku tersebutlah yang menjadi suku terbesar yang terasing yang bisa anda temukan di pulau Sulawesi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *